Jumat, 19 Jun 2020 21:05 WIB

Disebut 'Obat Murah', Berapa Sih Harga Dexamethasone di Pasaran?

Muhammad Anjar Mahardhika - detikHealth
Para peneliti dari Universitas Oxford menemukan kemanjuran dari obat dexamethasone. Obat itu terbukti membantu menyelamatkan pasien Corona dengan sakit parah. Foto: Getty Images/Matthew Horwood
Jakarta -

Dexamethasone kini menjadi perbincangan publik setelah disebut efektif mengurangi angka kematian pasien virus Corona yang kritis. Bahkan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengeluarkan rilis soal efektivitasnya dalam uji klinis.

Obat yang biasa digunakan untuk mengurangi peradangan ini memang mudah ditemukan di pasaran dan harganya relatif murah. Meskipun begitu, masyarakat tidak bisa sembarangan mengonsumsinya tanpa resep dari dokter. Sebab, dexamethasone termasuk golongan obat keras yang mempunyai banyak efek samping.

"Meski harganya terjangkau, selalu konsultasikan dengan dokter sebelum menggunakan obat ini agar tidak terjadi efek samping," kata dr Reisa Broto Asmoro, anggota tim komunikasi Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 dalam konferensi pers yang disiarkan BNPB, Jumat (19/6/2020).

Dari pantauan detikcom pada Jumat (19/6/2020) di beberapa apotek Jakarta harga obat memang tergolong murah dan mudah ditemukan. Berikut ketersediannya di 3 apotek Jakarta beserta daftar harganya:

  • Cortidex produksi Sanbe Farma, Rp 4.000 satu strip.
  • Indexon produksi Interbat, Rp 10.000 satu strip.
  • Dexaharsen produksi Harsen, Rp 3.000 satu strip.
  • Dexamethasone generik, Rp 250 per tablet.
  • Kalmethasone produksi Kalbe Farma, Rp 2.000 satu strip.


Simak Video "Peneliti Ungkap Dexamethasone Manjur untuk Pasien Corona Sakit Parah"
[Gambas:Video 20detik]
(kna/kna)