Sabtu, 20 Jun 2020 12:01 WIB

Frozen Food Disebut Terkait dengan Penularan Corona di Pasar Beijing

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
Otoritas China menutup sementara 11 pasar di Beijing dalam upaya melacak cluster penularan baru virus Corona (COVID-19). Foto: AP Photo
Jakarta -

Lebih dari 200 sampel dari pasar grosir Xinfadi dikumpulkan. Dari hasil penelusuran epidemiologis, tipe virus Corona di Beijing mirip dengan strain yang ditemukan di Eropa.

Saat ditanyai soal kemungkinan bagaimana virus tersebut bisa sampai ke Beijing, Zhang Yong, asisten direktur Institute of Viral Diseases di CDC China, menjelaskan bahwa virus tersebut mungkin datang dengan frozen food impor atau 'bersembunyi' di lingkungan gelap di mana tempat tersebut belum didisinfeksi dan disterilkan dengan benar.

"Misalnya virus itu ada di makanan beku impor dan tidak bermutasi karena suhu dingin selama periode penyimpanan dan transportasi," tutur Zhang dikutip dari Global Times.

Makanan yang disimpan dalam suhu beku selama transportasi mencegah virus bermutasi. Zhang menyebutkan hal itu yang menjadikan strain virus yang ditemukan di Beijing bisa mirip dengan yang ditemukan di Eropa.

"Tes laboratorium dan analisis urutan genom dapat membantu kita mengetahui rute transmisi," sebutnya.

Liu Jun, seorang peneliti dari Institut Nasional untuk Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Menular di China yang juga berpartisipasi dalam pencarian asal virus di Wuhan mengatakan ada spekulasi tertentu tentang bagaimana COVID-19 bisa terdeteksi di Beijing.

Produk makanan laut bisa jadi menyebabkan wabah setelah diangkut ke pasar melalui rantai dingin (cold chain). Atau bisa juga dari seseorang yang terinfeksi lalu masuk ke pasar dan menyebarkannya ke orang lain.

Liu, yang melakukan penelusuran ke pasar basah Wuhan selama 20 kali dan pasar Xinfadi sebanyak tiga kali, mengatakan lingkungan yang lembab dan dingin di pasar sangat ideal bagi virus untuk bertahan dan berlipat ganda.

"Tetapi kita tidak dapat langsung menyimpulkan bahwa pasar basah adalah asal mula virus hanya karena wabah terjadi di sana," sebut Liu.

Dia mengatakan wabah Beijing memberi kesempatan untuk memeriksa kembali spekulasi sebelumnya bahwa virus Corona berasal dari satwa liar. Karena tidak seperti pasar basah Wuhan, sangat kecil kemungkinan satwa liar yang menyebabkan wabah di Beijing.



Simak Video "Virus Corona Bisa Serang Usus Meski Pernapasan Negatif Covid-19"
[Gambas:Video 20detik]
(kna/fds)