Senin, 22 Jun 2020 17:00 WIB

Catat! dr Reisa Ingatkan Jangan Membawa Balita ke Mal

Nafilah Sri Sagita K - detikHealth
dr Reisa ngatkan jangan bawa balita ke mal dr Reisa ingatkan jangan bawa balita ke mal. (Foto: BNPB)
Topik Hangat Protokol New Normal
Jakarta -

dr Reisa Broto Asmoro mengingatkan masyarakat terkait protokol kesehatan yang harus diperhatikan saat harus ke mal. Tidak hanya itu beberapa kelompok rentan disinggung dr Reisa untuk tidak mengunjungi mal, salah satunya adalah balita.

Menurut dr Reisa protokol tersebut harus diterapkan guna mengurangi risiko penularan dan langkah pencegahan penyebaran virus Corona COVID-19. dr Reisa pun lebih menyarankan untuk mengutamakan belanja online atau daring terlebih dahulu.

"Namun apabila terpaksa, pertimbangkan penggunaan pelindung wajah atau face shield dan masker sebagai perlindungan," jelas dr Reisa dalam siaran pers live BNPB, Senin (22/6/2020).

"Baik pedagang maupun pengunjung usahakan untuk tidak membawa sekelompok yang rentan seperti ibu hamil, balita, anak-anak, lansia, penderita penyakit penyerta, atau penyandang disabilitas yang terlibat dan lain sebagainya ke dalam pusat perbelanjaan," lanjut dr Reisa.

dr Reisa juga meminta pengelola mal untuk memberikan informasi terkait larangan masuk bagi pekerja dan pengunjung yang memiliki gejala demam, batuk, pilek, nyeri tenggorokan, dan sesak napas atau punya riwayat kontak dengan orang yang terkena COVID-19. Selain itu, dr Reisa juga mengatakan pembersihan dan disinfeksi secara berkala harus dilakukan di mal atau shopping center paling sedikit tiga kali dalam sehari.

"Pembersihan diutamakan pada area atau peralatan yang digunakan bersama seperti, pegangan pintu dan tangga, tombol lift, pintu toilet, dan fasilitas umum lainnya," pungkas dr Reisa.

Hingga saat ini total kasus positif virus Corona di Indonesia telah menyentuh angka 46 ribu kasus. Sementara itu, 18 ribu lebih kasus sembuh, dan 2.500 kasus dilaporkan meninggal dunia.



Simak Video "Tips dr Reisa Rawat Masker Kain Baik dan Benar"
[Gambas:Video 20detik]
(naf/up)
Topik Hangat Protokol New Normal