Rabu, 24 Jun 2020 13:01 WIB

CFD Kembali Ditiadakan, Siap-siap Kerumunan Pindah ke GBK!

Firdaus Anwar - detikHealth
Jalur khusus sepeda terlihat di kawasan Bundaran HI. Jalur itu dibuat untuk warga yang bersepeda di kawasan yang kembali adakan car free day (CFD) tersebut. Penampakan warga saat CFD di Bundaran HI. (Foto: Agung Pambudhy)
Topik Hangat Horor Kerumunan CFD
Jakarta -

Usai dikritik karena pelaksanaannya membuat banyak orang berkumpul dan berkerumun tanpa jaga jarak di masa pandemi virus Corona, akhirnya Pemrpov DKI Jakarta memutuskan untuk meniadakan sementara kegiatan Car Free Day (CFD).

CFD ditiadakan sementara sampai batas waktu yang belum ditentukan. Ini merupakan hasil evaluasi pelaksanaan CFD pada 21 Juni 2020.

Namun ada kekhawatiran mengenai kerumunan massa yang akan terpusat di satu titik saat pelaksanaan CFD ditiadakan. Misalnya, di Gelora Bung Karno (GBK) yang beberapa waktu lalu juga sempat dipadati pengunjung dan penuh sesak.

Menanggapi, Kepala Departemen Epidemologi Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia (FKM UI), Dr dr Tri Yunis Miko Wahyono, MSc, mengatakan ada beberapa cara yang bisa dilakukan pengelola GBK untuk mengindari penumpukkan massa yang 'berpindah' setelah kegiatan CFD ditiadakan.

"Kalau perlu pakai reservasi jadi yang masuk GBK hanya yang dapat reservasi untuk menghindari adanya cekcok antar pengunjung yang berebut masuk," sebut dr Miko saat dihubungi detikcom, Rabu (24/6/2020).

Sejak pekan lalu, GBK memang memperketat dan menerapkan pembatasan pengunjung. Salah satunya kawasan Ring Road stadion GBK kini melakukan pembatasan 1.000 pengunjung dalam satu sesi olahraga.

"Kalau GBK kan ada pagarnya jadi bisa diatur jumlah pendatangnya dan kapasitasnya. Jadi yang masuk bisa dikontrol," pungkasnya.



Simak Video "WHO Minta Tiap Negara Transparan soal Kasus COVID-19"
[Gambas:Video 20detik]
(kna/up)
Topik Hangat Horor Kerumunan CFD