Jumat, 26 Jun 2020 08:04 WIB

6 Cara Mengatasi Sakit Tenggorokan Secara Alami

Ayunda Septiani - detikHealth
Sakit tenggorokan Cara mengatasi sakit tenggorokan. (Foto: shutterstock)
Jakarta -

Pusat Pengendalian Penyakit Amerika Serikat (CDC) telah menambahkan tanda dan gejala yang berkaitan dengan infeksi virus Corona. Dalam situs resminya, CDC mengungkap gejala lain yang ditemukan pada pasien COVID-19.

Sesak napas, batuk, dan demam adalah gejala utama COVID-19. Namun gejala lainnya juga ada sakit tenggorokan.

Sakit tenggorokan bisa diatasi dengan beberapa cara alami. Berikut 6 cara alami untuk mengatasi sakit tenggorokan dikutip dari Healthline.

1. Air garam

Garam memiliki kekuatan untuk membunuh bakteri yang ada di mulut dan tenggorokan, termasuk memecah lendir yang pekat penyebab batuk. Berkumur dengan segelas air hangat yang diberi satu sendok teh garam dapat membantu mengobati radang tenggorokan. Lakukan sebanyak dua kali setelah sikat gigi pagi dan sebelum tidur.

2. Madu murni

Madu dicampur dalam teh atau diminum langsung adalah obat alami untuk sakit tenggorokan. Madu bahkan lebih efektif dalam menghilangkan batuk pada malam hari daripada obat batuk biasa. Penelitian lain menunjukkan bahwa madu adalah penyembuh luka yang efektif, yang berarti madu dapat membantu mempercepat penyembuhan sakit tenggorokan.

3. Teh chamomile

Teh chamomile telah lama digunakan untuk mengatasi sakit tenggorokan. Menghirup uap teh chamomile dapat membantu meredakan gejala pilek termasuk sakit tenggorokan.

Minum teh chamomile juga memberikan manfaat yang sama, bahkan dapat merangsang sistem kekebalan untuk membantu tubuh melawan infeksi yang menyebabkan sakit tenggorokan.

4. Soda kue

Berkumur dengan soda kue dicampur dengan air garam dapat membantu meringankan sakit tenggorokan. Berkumur dengan larutan ini dapat membunuh bakteri dan mencegah pertumbuhan ragi dan jamur.

Campur 1 gelas air hangat, 1/4 sendok teh soda kue, dan 1/8 sendok teh garam. Kumur setiap tiga jam.

5. Air putih

Minum air putih yang banyak dapat meredakan sakit radang tenggorokan secara alami. Sebaiknya minum air putih hangat secukupnya.

6. Cuka apel

Cuka sari apel (ACV) memiliki banyak kegunaan antibakteri alami. Sejumlah penelitian menunjukkan efek antimikroba dalam mengatasi infeksi. Karena sifatnya yang asam, maka dapat digunakan untuk membantu memecah lendir di tenggorokan dan menghentikan penyebaran bakteri.

Jika merasakan sakit tenggorokan, cairkan 1 hingga 2 sendok makan ACV dalam satu cangkir air dan berkumurlah. Ulangi dua kali per jam untuk hasil maksimal.

Jadi tunggu apalagi, segera coba obat sakit tenggorokan alami di atas.



Simak Video "Yang Harus Dilakukan Jika Tak Bisa Cium Bau Seperti Gejala Corona"
[Gambas:Video 20detik]
(fds/fds)