Sabtu, 27 Jun 2020 07:35 WIB

Brasil Uji Coba Vaksin Corona Oxford, Kelompok Ini Jadi Prioritas

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
Virus corona: Vaksin sudah tersedia bila ilmuwan melanjutkan penelitian vaksin untuk SARS dan MERS Vaksin Corona buatan Oxford akan segera diuji coba pada tenaga medis di Brasil. (Foto: BBC World)
Jakarta -

Brasil memulai uji coba manusia untuk vaksin eksperimental COVID-19 yang dikembangan oleh University of Oxford, Inggris. Relawan di Sao Paulo dan Rio de Janeiro akan diberikan 3.000 suntikan vaksin.

Dikutip dari CNN International, dokter, perawat, dan pengemudi ambulans menjadi kelompok utama yang akan menerima vaksin karena tingginya risiko mereka terpapar virus Corona. Relawan berusia antara 18 dan 55 tahun dan harus memiliki hasil tes negatif untuk COVID-19.

Badan Pengatur Kesehatan Brasil (Anvisa) memberi izin kepada perusahaan farmasi AstraZeneca awal bulan ini untuk memulai uji coba. Studi-studi tentang vaksin bisa memakan waktu hingga satu tahun, menurut Universitas Federal Sao Paulo.

Brasil dipilih karena merupakan salah satu negara yang paling terhantam virus Corona. Negara itu telah mencatat lebih dari 1,2 juta kasus dan setidaknya 55.000 kematian, menurut Kementerian Kesehatan Brasil.

Uji coba manusia terhadap vaksin buatan Oxford juga sedang berlangsung di Inggris, di mana para peneliti mengumumkan bulan lalu bahwa mereka telah memasuki fase kedua, yang melibatkan 10.260 peserta.



Simak Video "WHO: Penundaan Uji Coba Vaksin adalah Sebuah 'Peringatan'"
[Gambas:Video 20detik]
(kna/up)