Senin, 29 Jun 2020 08:32 WIB

Kasus Meninggal Akibat Infeksi Virus Corona Capai 500 Ribu Jiwa

Ayunda Septiani - detikHealth
Virus corona: Mungkinkah kita tertular virus corona dari jenazah pasien Covid-19? Jenazah pasien virus Corona (Foto: BBC Magazine)
Jakarta -

Jumlah kasus meninggal karena virus Corona COVID-19 terus bertambah setiap harinya. Kini tercatat pasien meninggal telah mencapai angka 500 ribu orang di seluruh dunia.

Dikutip dari Reuters, disebutkan bahwa Amerika Serikat (AS), India, dan Brasil menjadi negara dengan kasus kematian Corona terbanyak. Ditambah dengan adanya wabah baru di beberapa bagian di Asia.

Tercatat jumlah kematian di AS akibat Corona sebanyak 125.763 orang dan di Brasil ada 57.070 kasus kematian. Sementara berdasarkan hitungan rata-rata sejak 1 hingga 27 Juni, sebanyak 4.700 orang di dunia meninggal akibat COVID-19.

Artinya, kasus kematian setara dengan 196 orang meninggal tiap jam atau satu orang meninggal tiap 18 detik.

Usia tua berisiko tinggi

Pakar kesehatan masyarakat melihat bagaimana usia mempengaruhi angka kematian di berbagai wilayah. Beberapa negara Eropa dengan populasi yang lebih tua melaporkan tingkat kematian yang lebih tinggi.

Laporan pada April oleh Pusat Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Eropa mengamati ada lebih dari 300.000 kasus di 20 negara dan menemukan bahwa sekitar 46 persen dari semua kematian adalah di atas usia 80 tahun.

Parah ahli kesehatan memperingatkan bahwa data resmi yang didapat kemungkinan tidak melaporkan data secara lengkap. Beberapa negara bahkan tidak melaporkan angka kematian.



Simak Video "Persiapan yang Harus Dilakukan untuk Menuju Endemi Covid-19"
[Gambas:Video 20detik]
(kna/kna)