Senin, 29 Jun 2020 14:22 WIB

Wajib Tahu! 4 Kebiasaan Ini Bisa Jaga Kondisi Gigi Tetap Sehat

Reyhan Diandri - detikHealth
periksa gigi Foto: shutterstock
Jakarta -

Menjaga kesehatan gigi adalah hal yang penting, agar terhindar dari berbagai masalah mulut. Dengan gigi yang terjaga kesehatannya, mengunyah makanan sehari-hari juga tidak akan terasa sakit.

Oleh karena itu, guna menjaga agar gigi tetap sehat perlu melakukan kebiasaan-kebiasaan baik. Apakah kamu sudah tahu kebiasaan untuk jaga gigi tetap sehat? Dilansir dari laman healthline, berikut beberapa kebiasaan yang baik agar gigimu tetap sehat.

Gosok Gigi Sebelum Tidur

Kebiasaan satu ini bukanlah hal yang dirahasiakan lagi. Menggosok gigi sebelum tidur, mungkin sering dilupakan. Namun, ketika kamu menggosok gigi sebelum tidur, maka kuman-kuman serta kotoran yang menempel seharian pada gigi dan mulut dapat dihilangkan. Coba juga untuk menggosok gigi setidaknya dua kali sehari.

Gunakan Pasta Gigi dengan Fluoride

Ketika membahas pasta gigi, pastikan produk tersebut memiliki kandungan fluoride. Bahan fluoride dapat mencegah kerusakan gigi. Cara kerja kandungan ini adalah dengan melawan kuman-kuman yang mencegah kerusakan tersebut. Hal ini memberikan perlindungan untuk sehingga kerusakan gigi dapat dihindari.

Kurangi Makanan dengan Kandungan Gula dan Asam

Pada dasarnya, gula akan berubah menjadi asam ketika berada di mulut. Hal tersebut dapat merusak enamel yang ada di gigi. Keasaman ini bisa menyebabkan gigi yang berlubang. Oleh karena itu, biasakan untuk menghindari makanan yang mengandung gula dan asam.

Temui Dokter Gigi Setidaknya Dua Kali Setahun

Aktivitas sehari-hari tentunya dapat mengurangi kesehatan mulut dan gigi secara keseluruhan. Walaupun sudah menggosok gigi dan juga melakukan langkah pencegahan, cobalah untuk setidaknya menemui dokter gigi sebanyak dua kali setahun. Kebiasaan mengunjungi dokter gigi ini, merupakan langkah untuk menemukan permasalahan gigi yang tidak terlihat selama ini.

Nah, itulah beberapa kebiasaan yang baik untuk kamu terapkan dalam menjaga kondisi gigi tetap sehat. Jika kamu tidak memiliki waktu untuk mengunjungi dokter gigi secara tatap muka, kamu bisa berkonsultasi dengan dokter spesialis gigi melalui aplikasi Grab di layanan GrabHealth. Melalui layanan konsultasi ini, kamu bisa bertanya banyak hal seputar kesehatan gigimu.



Simak Video "Diklaim Pertama di Dunia, Vaksin Corona Rusia Diragukan Ilmuwan"
[Gambas:Video 20detik]
(mul/mpr)