Selasa, 30 Jun 2020 21:47 WIB

6 Hal yang Bikin Orang Otomatis Garuk-garuk Bokong

Ayunda Septiani - detikHealth
Beautiful girl is having severe stomach pain while traveling. Gatal di area bokong banyak penyebabnya (Foto: Thinkstock)
Jakarta -

Pantat terasa gatal tentu membuat kamu tidak merasa nyaman. Apalagi saat berada di tempat umum dan bagian bawah tersebut terasa gatal, begitu tak tahan rasanya ingin menggaruk.

Nah sebenarnya pantat terasa gatal dapat menjadi gejala suatu kondisi tertentu lho. Beberapa kebiasaan yang tak sehat dan bersih pun bisa jadi pemicunya.

Dikutip dari laman Health, berikut beberapa penyebab kenapa pantat kamu sering gatal.

1. Kotoran masih tersisa

Dalam banyak kasus, gatal pada area anus biasa berkaitan dengan bagaimana kamu membersihkannya. Saat buang air besar misalnya, kamu tidak membersihkan area tersebut dengan bersih sehingga masih menyisakan kotoran.

Brian Kim, MD dari Pusat Studi Gatal di Fakultas Kedokteran Universitas Washington mengatakan, hal ini sering terjadi pada anak muda atau orang tua yang mempunyai keterbatasan fisik.

Namun di sisi lain, terlalu sering menyeka area tersebut juga tidak disarankan, karena menurutnya, bisa menyebabkan iritasi dan gatal.

Nah untuk mengatasinya, kamu tentu harus memastikan anus sudah terbilas dengan bersih setelah buang air besar, dan jangan lupa untuk mengeringkannya dengan tisu secara lembut ya detikers.

2. Kondisi kulit

Kondisi kulit seperti psoriasis dapat menyebabkan peradangan dan gatal pada area di tubuh, termasuk area perianal.

Psoriasis adalah kondisi kulit yang menyebabkan bercak merah, gatal, kulit kering, dan bersisik. Kondisi kulit psoriasis tidak bisa disembuhkan, namun dokter bisa membantu dengan meresepkan dengan obat steroid topikal. Selain itu terapi dengan sinar matahari juga bisa membantu.

3. Terlalu berlebihan menyeka anus

Penggunaan sabun, air panas, obat-obatan, hingga wewangian sebenarnya dapat merusak lapisan minyak di area anus. Lapisan minyak ini berfungsi untuk melindungi area yang sensitif tersebut. Anda bisa menggunakan pembersih yang tidak mengandung sabun untuk membersihkan bagian anus.
Begitu pula saat Anda mengelapnya terlalu keras, gatal pada anus dapat menjadi lebih buruk. Gunakan tisu secara lembut untuk mengelap anus.

4. Celana dalam terlalu ketat

Celana yang ketat dan berbahan sintetis dapat menjadi pemicu anus gatal. Kamu disarankan untuk menggunakan celana dalam berbahan katun yang dapat menyerap keringat. Apabila terasa lembab, seperti setelah berolahraga, kamu harus mengganti celana dalam dengan yang bersih.

Untuk mencucinya, gunakan deterjen yang tidak mengandung pewangi.

Selanjutnya
Halaman
1 2