Kamis, 02 Jul 2020 19:00 WIB

Pegawai Starbucks Intip Payudara, Ini Kriteria Mesum Menurut Psikolog

Firdaus Anwar - detikHealth
Pelecehan di kafe dengan mengintip CCTV Pegawai Starbucks intip payudara pelanggan. (Foto: Twitter)
Jakarta -

Starbucks Indonesia baru-baru ini jadi sorotan karena salah satu pegawainya ketahuan mengintip payudara pelanggan lewat CCTV. Polisi dikabarkan sedang mengusut kasusnya.

Senior General Manager Corporate PR and Communications PT Sari Coffee Indonesia, Andrea Siahaan, mengatakan pihaknya telah menindaklanjuti kejadian tersebut. PT Sari Coffee Indonesia memastikan kasus ini tidak akan terulang.

"Perilaku tersebut tidak dapat kami toleransi dan individu yang bersangkutan sudah tidak bekerja lagi bersama PT Sari Coffee Indonesia," tegas Andrea.

Terkait hal tersebut, psikolog forensik Reza Indragiri Amriel menyebut perlu dibedakan perilaku mengintip mana yang timbul karena kelainan seksual atau hanya karena dorongan dan ada kesempatan.

Seseorang misalnya bisa dikatakan memiliki kelainan voyeurisme bila harus mengintip untuk mendapatkan kepuasan seksual. Orang seperti ini tidak bisa mengendalikan hasrat seksualnya.

"Orang yang suka melihat, termasuk mengintip, tidak harus menjadi voyeurist," kata Reza pada detikcom, Kamis (2/7/2020).

"Kalau mengintip sudah menjadi kelakuan yang harus dilakukan agar bisa terangsang, sehingga bila tidak mengintip maka tidak bisa terangsang, maka barulah bisa disebut voyeurism. Jadi bedakan antara mengintip sebagai filia dan mengintip sebagai hasil kalkulasi terhadap kesempatan serta risiko," lanjutnya.

Lalu apa batasan sebuah perilaku dikategorikan mesum?

"Kalau korban tidak berkenan, maka perilaku mengintip sudah bisa dianggap sebagai serangan seksual. Umum menyebutnya perbuatan mesum," tegas Reza.

Dirkrimsus Polda Metro Jaya Kombes Roma Hutajulu mengatakan orang yang merekam dan menyebarkan video pegawai Starbucks tersebut bisa dijerat Undang-Undang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE).

"Yang merekam dan sharing bisa berpotensi melanggar pasal 27 ayat 1 (UU ITE)," pungkasnya.



Simak Video "Heboh Pegawai Starbucks Indonesia, Apa Penyebab Pria Suka Ngintip?"
[Gambas:Video 20detik]
(fds/up)