Sabtu, 04 Jul 2020 09:30 WIB

Jenis Kain Apa yang Paling Bagus Dijadikan Masker? Ini Kata Peneliti

Firdaus Anwar - detikHealth
Relawan menunjukkan masker hasil produksinya di Gondangmanis, Kudus, Jawa Tengah, Senin (6/4/2020). Masker yang diproduksi dari bahan kain perca tersebut akan didistribusikan secara gratis kepada masyarakat yang membutuhkan guna mencegah penyebaran COVID-19. ANTARA FOTO/Yusuf Nugroho/wsj. Masker kain dari bahan katun diteliti cukup efektif cegah droplet menyebar jauh saat batuk dan bersin. (Foto ilustrasi: ANTARA FOTO/YUSUF NUGROHO)
Jakarta -

Di tengah pandemi COVID-19, pemerintah mewajibkan agar masyarakat yang keluar rumah memakai masker kain demi menghindari penularan. Terkait hal tersebut, sebagian di antara kita mungkin penasaran kain jenis apa yang paling bagus untuk dijadikan masker.

Tim peneliti dari Florida Atlantic University menjawab bahan masker kain terbaik adalah dua lapis katun. Hal ini diketahui setelah peneliti melakukan eksperimen berbagai jenis model masker mulai dari yang dibuat dengan sapu tangan, bandana, hingga kain kaus.

"Sudah ada studi yang melihat efektivitas alat standar medis, namun masih sedikit informasi yang kita miliki terkait masker kain yang memang paling mudah diakses saat ini," kata pemimpin studi Siddhartha Verma seperti dikutip dari CNN, Sabtu (4/7/2020).

Dalam eksperimen peneliti melihat orang yang batuk saat menggunakan masker kain katun dua lapis dapat mengeluarkan droplet atau percikan liur sampai jarak sekitar 6 sentimeter. Sementara orang yang memakai masker bandana bisa mengeluarkan droplet sampai 91 sentimeter dan yang memakai masker sapu tangan mengeluarkan droplet sampai 38 sentimeter.

"Kami berharap visualisasi yang disajikan dalam studi ini dapat membantu merasionalkan alasan rekomendasi jaga jarak sosial dan memakai masker," lanjut Siddhartha.

Studi ini telah dipublikasi di jurnal Physics of Fluids.



Simak Video "Kenali Plus-Minus Masker Kain Sebagai Penangkal Virus"
[Gambas:Video 20detik]
(fds/fds)