Senin, 06 Jul 2020 14:36 WIB

Stres Hadapi Anak Jadi Tantangan Peneliti yang Membuat Vaksin COVID-19

Firdaus Anwar - detikHealth
Pengujian Vaksin Corona Pada Manusia Mulai Tunjukkan Harapan Beberapa vaksin Corona dilaporkan sudah masuk tahap uji akhir. (Foto: DW News)
Jakarta -

Dunia masih menunggu vaksin virus Corona COVID-19. Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menyebut ada lebih dari seratus kandidat vaksin yang diuji, beberapa di antaranya kini mulai masuk dalam tahap akhir.

Terkait hal tersebut, salah satu perusahaan farmasi yang mendapat izin untuk memproduksi vaksin COVID-19, AstraZeneca melaporkan banyaknya peneliti yang stres menghambat progres vaksin Corona. Ini karena para peneliti yang bekerja di rumah harus membagi fokusnya menghadapi anak-anak mereka.

Survei menemukan ada 1.100 dari 8.300 pegawai AstraZeneca kewalahan karena pekerjaan rumah berkaitan dengan anak-anak.

"Sangat jelas hal ini akan jadi tantangan bagi yang punya anak kecil dan ayah-ibunya bekerja," kata Kepala Sumber Daya Manusia AstraZeneca, Fiona Cicconi, pada Reuters dan dikutip Senin (6/7/2020).

"Orang-orang mulai berkata mereka merasa sangat kewalahan. 'Ada banyak yang harus saya lakukan, bagaimana cara menyelesaikannya?" lanjut Fiona.

Menghadapi hal ini, AstraZeneca mengaku telah menyewa 80 guru untuk membantu pelajaran sekolah 1.300 anak-anak karyawannya. Langkah yang sama dilaporkan juga mulai dilakukan perusahaan lain.



Simak Video "LIPI Akan Buat Vaksin COVID-19 dalam Bentuk Spray"
[Gambas:Video 20detik]
(fds/up)