Selasa, 07 Jul 2020 20:00 WIB

Round Up

Viral Masker Tansparan Istri KSAD yang Katanya Canggih Banget

Achmad Reyhan Dwianto - detikHealth
Istri KSAD Andika, Diah Erwiany Trisnamurti Hendrati Hendropriyono pakai masker respirator Istri KSAD pakai masker transparan. (Foto: (ANTARA FOTO/M RISYAL HIDAYAT))
Jakarta -

Istri Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Andika Perkasa, Diah Erwiany Trisnamurti Hendrati Hendropriyono, tengah ramai diperbincangkan masyarakat. Masker transparan yang dikenakannya dianggap unik dan menarik perhatian.

Banyak yang penasaran ingin tahu jenis masker apa yang dikenakannya. Berikut rangkuman detikcom dari hasil penelusuran ke berbagai sumber.

Masker apa sih yang dipakai istri KSAD?

Tidak diketahui pasti jenis masker yang digunakan istri KSAD. Namun dari penampakannya, diyakini masker tersebut merupakan masker respirator buatan Clean Space Technology seri Halo. Menurut CEO Clean Space, Dr Alex Birrel, masker berjenis respirator ini dapat menyaring berbagai macam partikel, seperti debu, bakteri dan virus.

"Respirator Clean Space memanfaatkan teknologi perangkat medis terbaru untuk perlindungan dan kinerja tinggi, dibandingkan respirator pelindung perawatan kesehatan tradisional. Desain yang intuitif dan ergonomis membuat pengguna mudah menggunakannya," kata Birrell, yang dikutip dari Clean Space Technology.

Apa saja kelebihan dari masker itu?

Masker Halo dari Clean Space Technology disebut memiliki kemampuan untuk menyaring 99,97 persen partikel, dengan ukuran 0,3 mikro. Sehingga baik untuk keperluan medis karena dapat mencegah penularan virus maupun bakteri.

Selain itu, bentuknya yang transparan membuat transmisi suara menjadi lebih jernih sehingga memudahkan untuk berkomunikasi. Masker ini juga mudah dibersihkan dan dapat digunakan kembali.

Karena itu, Birrel menyarankan para tenaga medis untuk menggunakan masker jenis ini.

"Masker ini sangat penting digunakan oleh para tim petugas kesehatan," imbuhnya.

Apa benar masker ini cocok untuk tenaga medis?

Masker respirator memang didukung dengan teknologi yang canggih untuk menunjang keperluan medis. Namun menurut praktisi kesehatan dr Halik Malik dari Merial Health, masker medis yang biasa dipakai saat ini sudah cukup memadai.

"Masker bedah dan masker N95 yang standar cukup sih untuk kebutuhan tenaga medis," jelas dr Halik Malik.

"Masker respiratori sendiri ada berbagai tipe, sesuai peruntukannya ada untuk medis, industri, dan lainnya, sebaiknya digunakan sesuai dengan tujuan dan prioritas masing-masing," lanjutnya.

Bagaimana jika digunakan untuk sehari-hari?

Menurut anggota tim pokja pencegahan dan pengendalian infeksi (PPI) Kemenkes RI di Rumah Sakit Darurat COVID-19 Wisma Atlet, dr Saut Halomoan Manulang, SpB(K), FCD, untuk pemakaian sehari-hari tidak harus menggunakan masker yang secanggih itu. Masker kain sesuai anjuran pemerintah saja sudah cukup untuk melindungi diri dari risiko penularan COVID-19.

"Terlalu berlebihan bila digunakan untuk masyarakat umum," tuturnya.



Simak Video "Kesalahan-kesalahan yang Sering Dilakukan saat Pakai Masker"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)