Kamis, 09 Jul 2020 20:46 WIB

Penting! Penderita Diabetes Harus Selalu Pakai Alas Kaki

Faidah Umu Sofuroh - detikHealth
gangguan di kaki Foto: shutterstock
Jakarta -

Banyak orang yang mengira bahwa berjalan tanpa menggunakan alas kaki di permukaan yang kasar baik untuk kesehatan penderita diabetes. Padahal faktanya diabetes justru rentan mengalami berbagai masalah pada bagian telapak kaki.

Salah satunya yaitu gangguan sistem saraf akibat komplikasi diabetes dapat menyebabkan hilangnya rasa pada bagian telapak kaki. Akibatnya, luka yang timbul sering tidak disadari sehingga berujung pada infeksi.

Ditambah lagi, terganggunya sistem peredaran darah pada diabetesi menyebabkan luka lebih sulit sembuh dan menurunnya kemampuan tubuh melawan infeksi. Komplikasi-komplikasi ini menyebabkan diabetesi lebih berisiko mengalami amputasi.

Oleh karena itu, bagi para penderita diabetesi disarankan untuk selalu menggunakan alas kaki yang tepat baik di dalam maupun luar ruangan. Berikut ini beberapa tips lain yang dapat diikuti untuk mencegah gangguan pada kaki pada penderita diabetes.


1. Rutin memeriksa kondisi telapak kaki setiap hari. Hal ini penting mendeteksi adanya luka sedini mungkin sehingga dapat segera diatasi dengan baik.
2. Bersihkan kaki setiap hari dan keringkan dengan baik.
3. Pilih jenis alas kaki dengan ukuran yang tepat dan bentuk yang sesuai dengan telapak kaki.
4. Gunakan kaos kaki sebelum mengenakan alas kaki untuk mengurangi tingkat gesekan dengan kulit.
5. Selalu periksa alas kaki sebelum digunakan untuk memastikan kondisi alas kaki baik dan tidak ada benda asing di dalam alas kaki yang dapat melukai telapak kaki.
6. Jaga peredaran darah ke bagian kaki dengan mengangkat kaki lurus ke depan saat duduk, menggerakkan ibu jari kaki selama beberapa menit setiap hari, menghindari penggunaan kaos kaki yang terlalu ketat, lebih aktif bergerak setiap hari, serta hindari merokok.

Sebelum sampai jadi diabetes, lebih baik jaga gula darah Anda dari sekarang. Tropicana Slim memiliki berbagai varian produk bebas gula. Salah satunya yaitu Topping Kental Manis Tropicana Slim yang bebas gula, untuk Anda tambahkan ke makanan-minuman favorit Anda seperti es campur, sop buah, buah alpukat, roti panggang, dan lain-lain. Santapan jadi lebih sehat, dengan rasa yang tetap nikmat!



Simak Video "Penyandang Diabetes Tetap Aman Pergi ke RS saat Pandemi Corona"
[Gambas:Video 20detik]
(mul/mpr)