Jumat, 10 Jul 2020 05:30 WIB

RI Belum Terancam Gelombang Kedua Virus Corona, Ini Alasannya

Achmad Reyhan Dwianto - detikHealth
Sejumlah pengunjung tampak berdatangan ke Lippo Mall Puri yang kembali dibuka untuk umum. Para pengunjung tampak memakai masker saat beraktivitas di dalam mal. Virus Corona COVID-19 (Foto: Ari Saputra)
Jakarta -

Jumlah kasus COVID-19 di Indonesia dalam setiap harinya belum menampakkan tanda-tanda penurunan. Kondisi ini memunculkan tanda tanya, akankah Indonesia menghadapi gelombang kedua virus Corona?

Menurut dokter spesialis paru-paru dari RSUP Persahabatan, dr Budhi Antariksa, Ph.D, Sp.P(K), Indonesia masih 'terjebak' dalam gelombang pertama Corona. Secara teori, untuk memasuki gelombang kedua, maka jumlah kasus COVID-19 harus turun mendekati angka nol terlebih dahulu.

"Kita sebenarnya masih belum berada pada gelombang satu yang turun secara lebih landai lagi," kata dr Budhi dalam sebuah diskusi online, Kamis (9/7/2020).

"Jadi saya masih mengingatkan mungkin ini belum ke gelombang kedua," lanjutnya.

dr Budhi menjelaskan, meski saat ini jumlah kasus Corona cenderung belum turun, tetapi tingkat kesadaran masyarakat dalam mematuhi pencegahan COVID-19 sudah cukup baik.

"Artinya sih sebenarnya dari masyarakat sudah lumayan dalam hal pencegahan, proteksinya, sehingga si virusnya dia tidak terlalu ganas," tuturnya.



Simak Video "WHO Sebut COVID-19 Bukan Penyakit Musiman, Tahan di Segala Cuaca"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)