Jumat, 10 Jul 2020 15:09 WIB

Bioskop Buka Lagi 29 Juli? Ini 5 Protokol yang Harus Dipatuhi

Elsa Himawan - detikHealth
Suasana simulasi pembukaan dan peninjauan tempat hiburan bioskop CGV Cinemas di Bandung Electronic Center (BEC), Bandung, Jawa Barat, Kamis (9/7/2020). Simulasi tersebut dilakukan dalam rangka peninjauan kesiapan tempat hiburan bioskop dalam penerapan protokol kesehatan seperti penggunaan alat pelindung wajah bagi karyawan, pembatas jaga jarak, masker, sarung tangan dan cairan disinfektan seiring tatanan normal baru di tengah pandemi COVID-19. ANTARA FOTO/M Agung Rajasa/aww. Bioskop kapan buka lagi? (Foto: ANTARA FOTO/M Agung Rajasa)
Jakarta -

Penggemar film yang hobi nonton tengah berharap-harap cemas terkait rencana bioskop akan dibuka lagi 29 Juli. Kapan pastinya bioskop akan kembali buka akan segera ditentukan hari ini, Jumat (10/7/2020).

Kalaupun kelak bioskop sudah bisa buka, akan ada beberapa penyesuaian yang disebut new normal. Hal itu diterapkan untuk mencegah risiko penularan virus Corona COVID-19 yang hingga kini masih belum teratasi.

Dirangkum dari berbagai sumber, berikut ini beberapa protokol new normal yang bakal berlaku di bioskop.

1. Menggunakan masker

Wajib menggunakan masker adalah aturan terpenting ketika kamu mengunjungi bioskop. Hal ini dikarenakan pihak manajemen diwajibkan untuk mengabaikan pengunjung tanpa masker. Artinya, tanpa masker kamu nggak bakal diizinkan masuk.

2. Penjualan tiket online

Pembelian tiket secara konvensional, tidak lagi diberlakukan. Penjualan tiket nantinya akan dilakukan lewat transaksi secara online.

Suasana simulasi pembukaan dan peninjauan tempat hiburan bioskop CGV Cinemas di Bandung Electronic Center (BEC), Bandung, Jawa Barat, Kamis (9/7/2020). Simulasi tersebut dilakukan dalam rangka peninjauan kesiapan tempat hiburan bioskop dalam penerapan protokol kesehatan seperti penggunaan alat pelindung wajah bagi karyawan, pembatas jaga jarak, masker, sarung tangan dan cairan disinfektan seiring tatanan normal baru di tengah pandemi COVID-19. ANTARA FOTO/M Agung Rajasa/aww.Suasana simulasi pembukaan dan peninjauan tempat hiburan bioskop CGV Cinemas di Bandung Electronic Center (BEC), Bandung, Jawa Barat, Kamis (9/7/2020). Simulasi tersebut dilakukan dalam rangka peninjauan kesiapan tempat hiburan bioskop dalam penerapan protokol kesehatan seperti penggunaan alat pelindung wajah bagi karyawan, pembatas jaga jarak, masker, sarung tangan dan cairan disinfektan seiring tatanan normal baru di tengah pandemi COVID-19. ANTARA FOTO/M Agung Rajasa/aww. Foto: ANTARA FOTO/M Agung Rajasa

3. Kapasitas dikurangi

Biasanya, kapasitas bioskop disesuaikan dengan jumlah kursi yang mengisi studio. Akan tetapi selama ditetapkan protokol kesehatan, kapasitas studio hanya diterapkan 50 persen atau setengah dari jumlah keseluruhan kursi pada studio bioskop. Oleh karena itu, kamu hanya diperbolehkan mengisi kursi bioskop yang tidak dipasang label silang.

4. Penjualan makanan dan minuman yang dibatasi

Penjualan makanan dan minuman di ruang theater tidak diberlakukan lagi karena hanya diberlakukan mengantarkan hantaran makanan dan minuman yang telah dipesan saja.

5. Hindari kontak fisik



Pihak bioskop akan melakukan berbagai upaya untuk menerapkan social distancing bagi pengunjung. Salah satunya adalah pemberlakuan physical distancing di toilet bioskop, dengan menetapkan penggunaan urinoir dan kubikel secara selang-seling.

Protokol kesehatan sudah dibuat dengan baik. Oleh karena itu, sebagai pengunjung bioskop, kamu harus menjalankan protokol tersebut dengan sebaik mungkin.



Simak Video "Protokol Kesehatan untuk WNI/WNA Masuk Indonesia"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)