Jumat, 10 Jul 2020 18:07 WIB

Penyebab dan Cara Cegah Diabetes, Penyakit yang Diidap Almarhum Papa T Bob

Sarah Oktaviani Alam - detikHealth
Papa T Bob sakit Papa T Bob meninggal dunia. (Foto: Instagram)
Jakarta -

Pencipta lagu anak-anak, Papa T Bob meninggal dunia pada Jumat (10/7/2020). Tokoh pencipta lagu-lagu anak yang populer di era '90-an ini meninggal di usia 59 tahun yang telah dikonfirmasi oleh anaknya, Vargo T Bob.

"Iya benar (meninggal)," katanya.

Sebelum meninggal, Papa T Bob dikabarkan mengidap penyakit diabetes. Menurut eks penyanyi cilik, Tina Toon pada April lalu, Papa T Bob sempat dirawat di rumah sakit karena penyakit tersebut.

Mengutip Healthline, diabetes melitus atau umumnya dikenal dengan diabetes adalah penyakit metabolisme yang menyebabkan gula darah meningkat. Diabetes sendiri terdiri dari dua tipe, yaitu tipe 1 dan tipe 2. Kedua tipe ini memiliki penyebab yang berbeda-beda.

Apa saja penyebab diabetes?

Diabetes tipe 1

Pada diabetes tipe 1, ini terjadi karena adanya gangguan autoimun atau sistem kekebalan tubuh. Antibodi yang seharusnya melindungi tubuh dari infeksi, justru menyerang sel tubuh itu sendiri tepatnya pada bagian sel beta penghasil insulin yang ada di dalam pankreas.

Alasan antibodi yang menyerang sel pankreas kini belum diketahui secara pasti. Tetapi, kondisi ini diduga berkaitan dengan faktor genetik (keturunan) dan infeksi dari virus tertentu yang memicu serangan pada sistem kekebalan tubuh.

Diabetes tipe 2

Diabetes tipe dua ini bisa terjadi karena gaya hidup yang kurang sehat. Kelebihan berat badan atau obesitas juga bisa meningkatkan risiko seseorang.

Hal ini membuat sel-sel dalam tubuh kurang sensitif terhadap efek insulin, dan mengakibatkan peningkatan kadar gula darah. Seperti pada diabetes tipe 1, diabetes tipe 2 ini juga bisa terjadi karena adanya faktor genetik.

Bagaimana cara untuk mencegahnya?

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mencegah munculnya penyakit kedua tipe diabetes ini, seperti:

1. Jaga pola makan

Untuk mencegah munculnya penyakit diabetes ini, kunci utamanya adalah menerapkan pola makan yang sehat. Disarankan untuk membatasi konsumsi makanan ataupun minuman yang tinggi akan kadar gula, kalori, dan juga lemak.

Selain itu, batasi juga penggunaan gula harian pada makanan dan minuman yang akan dikonsumsi. Kamu bisa batasi gula harian sebesar 40 gram atau setara dengan 9 sendok teh gula. Jangan lupa, perbanyak minum air putih ya.

2. Rutin berolahraga

Dengan melakukan olahraga yang rutin, akan membantu tubuh untuk menggunakan hormon insulin dengan lebih efektif. Ini akan membantu tubuh dalam mengontrol kadar gula dalam darah.

Agar gula darah bisa terkontrol dengan baik, cobalah rutin berolahraga 30 menit sehari. Lakukan dengan rutin agar bisa lebih efektif dalam mencegah munculnya penyakit diabetes ini.

3. Jaga berat badan

Saat berat badan berlebih atau obesitas, bisa menjadi faktor risiko seseorang terkena penyakit diabetes. Maka dari itu, jagalah berat agar tetap ideal dengan rutin olahraga dan pola makan yang sehat.

4. Kelola stres dengan baik

Tahukah kamu, ternyata stres juga bisa menjadi salah satu faktor risiko seseorang terkena diabetes. Saat stres, tubuh akan melepaskan hormon stres (kortisol) yang bisa meningkatkan kadar gula dalam darah. Tak hanya itu, saat stres tubuh juga cenderung lebih mudah lapar dan makan lebih banyak.

5. Cek gula darah secara rutin

Pengecekan gula darah secara rutin ke dokter sangat dianjurkan. Sebelum mengecek gula darah, disarankan untuk berpuasa terlebih dulu selama 10 jam. Pengecekan gula darah ini bisa dilakukan secara rutin, setiap setahun sekali.



Simak Video "Penyandang Diabetes Tetap Aman Pergi ke RS saat Pandemi Corona"
[Gambas:Video 20detik]
(sao/up)