Jumat, 10 Jul 2020 21:23 WIB

Wajib Tahu! Fakta Risiko Keturunan Diabetes yang Menyilang

Nurcholis Ma'arif - detikHealth
diabetes Foto: shutterstock
Jakarta -

Pernahkah Anda mendapat informasi tentang risiko keturunan diabetes tipe 2 yang bersifat menyilang? Misalnya, jika sang ayah menderita diabetes, maka anak perempuannya lebih berisiko. Sebaliknya, jika sang ibu yang menderita diabetes, maka anak laki-lakinya yang akan lebih berisiko.

Kenyataannya, hingga saat ini tidak ditemukan penelitian yang menunjukkan risiko keturunan diabetes tipe 2 bersifat menyilang. Namun yang pasti, punya riwayat keturunan diabetes berkaitan dengan risiko diabetes yang lebih tinggi, dibandingkan dengan mereka yang tidak punya riwayat keturunan. Jadi, apabila kedua orang tua terkena diabetes, keturunannya punya risiko hingga 6 kali lebih tinggi dibanding yang bukan keturunan.

Tak hanya berkaitan dengan genetik yang diturunkan dari orang tua, peningkatan risiko diabetes juga berkaitan dengan gaya hidup sehari-hari. Umumnya, anggota dalam satu keluarga memiliki pola makan dan kebiasaan aktivitas fisik yang serupa.

Kombinasi seluruh faktor ini meningkatkan risiko diabetes pada mereka yang memiliki riwayat keturunan diabetes. Kabar baiknya, risiko diabetes akibat faktor keturunan dapat ditekan dengan menjalankan pola hidup sehat, seperti menjaga berat badan dalam kisaran normal, menjaga pola makan sehat, dan rutin berolahraga.

Tak kalah penting adalah lebih waspada dengan kandungan gula yang tersembunyi (hidden sugar) pada makanan minuman sehari-hari. Kementerian Kesehatan menganjurkan untuk membatasi asupan gula harian sebesar 50 gram atau setara 4 sendok makan.

Anda bias mengganti gula pasir dengan gula rendah kalori untuk membatasi asupan gula harian, tanpa mengorbankan kesukaan terhadap rasa manis. Salah satunya adalah dengan menggunakan Tropicana Slim Sweetener Honey, pemanis rendah kalori dengan rasa manis madu yang nikmat.

Cocok digunakan untuk aneka jenis makanan dan minuman panas maupun dingin. Tropicana Slim Sweetener Honey juga cocok untuk diabetes dan diet, membantu menjaga kestabilan gula darah dan menjaga agar badan tetap ideal.



Simak Video "Penyandang Diabetes Tetap Aman Pergi ke RS saat Pandemi Corona"
[Gambas:Video 20detik]
(mul/ega)