Minggu, 12 Jul 2020 10:11 WIB

3 Penyakit yang Bisa Menular dari Hewan Peliharaan, Wajib Waspada!

Elsa Himawan - detikHealth
Relawan pecinta satwa yang tergabung dalam Cat Lover Peduli COVID-19 mengikuti pengobatan gratis untuk kucing saat acara Kenduri Satwa di Galeri Joli Jolan Solo, Jawa Tengah, Sabtu (13/6). Jangan lupa rutin cek kesehatan hewan peliharaan. (Foto: Agung Mardika)
Jakarta -

Penularan penyakit dari hewan ke manusia dan sebaliknya bisa terjadi. Terutama bagi para pecinta hewan, setidaknya ada tiga penyakit zoonotik dari hewan peliharaan yang perlu kamu tahu dan waspadai:

1. Rabies

Rabies merupakan penyakit karena virus yang menyebabkan peradangan pada otak manusia dan mamalia. Penyakit ini kebanyakan ditularkan oleh hewan anjing.

Penularan rabies terhadap manusia bisa terjadi lewat gigitan, cakaran, dan paparan air liur. Gejala dari rabies anjing bisa dilihat dari perilakunya yang cenderung lebih agresif, suka mengamuk, berbusa di sudut mulut, suara serak bahkan tidak mampu untuk menggonggong.

2. Toxoplasmosis

Toxoplasmosis merupakan penyakit dari hewan yang disebabkan karena parasit Toxoplasma gondii (T. gondii). Parasit ini seringkali ditemukan pada kucing. Permasalahannya, kebanyakan kucing yang terinfeksi T.gondii tidak menunjukkan gejala penyakit.

Seseorang yang terinfeksi parasit ini bisa mengalami gejala demam, kehilangan nafsu makan, dan mengalami kelesuan.

Baca juga: Viral di ITS, Memangnya Apa Saja Penyakit yang Bisa Ditularkan Kucing?

3. Leptospirosis

Leptospira merupakan penyakit yang disebabkan karena bakteri Leptospira dari hewan liar atau peliharaan. Baik kucing, anjing, tikus, dan sapi dapat terkontaminasi oleh bakteri ini. Jika manusia memakan daging sapi yang terkena leptospira, berkontak langsung dengan kucing dan anjing liar, atau membiarkan rumah dikotori oleh tikus, maka sangat berpotensi untuk mengalami penyakit ini.

Salah satu upaya untuk menghindari penyakit Zoonosis, pastikan hewan peliharaanmu mendapat cek kesehatan sebanyak dua kali dalam setahun, hindari mencium hewan dan membiarkannya menjilat wajahmu, serta selalu menjaga kebersihan.



Simak Video "Dukungan yang Bisa Dilakukan agar Pasien Corona Tak Takut Stigma"
[Gambas:Video 20detik]
(fds/fds)