Minggu, 12 Jul 2020 20:00 WIB

Jaga Udara Bebas dari Corona, Jubir RI: Jangan Hanya Andalkan Kipas Angin

Achmad Reyhan Dwianto - detikHealth
Sweating Asian girl cooling herself with big fan Hanya menggunakan kipas angin tak akan cukup untuk membuat sirkulasi udara di dalam ruangan berjalan dengan baik. (Foto: iStock)
Jakarta -

Mikrodroplet bisa menjadi ancaman penularan virus Corona COVID-19 secara airborne. Ukurannya yang sangat kecil membuat mikrodroplet bisa melayang-layang dalam waktu yang cukup lama di udara.

"Apalagi pada ruangan dengan ventilasi dan sirkulasi udara yang tidak maksimal," kata juru bicara pemerintah untuk penanganan virus Corona COVID-19 Achmad Yurianto dalam siaran pers BNPB melalui kanal YouTube, Minggu (12/7/2020).

Karena itu, menjaga sirkulasi udara di dalam ruangan wajib dilakukan. Menurut pria yang akrab disapa Yuri ini, hanya menggunakan kipas angin tak akan cukup untuk membuat sirkulasi udara berjalan dengan baik.

"Menggunakan kipas angin pada ruang tertutup hanya memutar-mutar udara itu," ujarnya.

Membuka jendela di pagi hari dan menggunakan exhaust fan bisa dilakukan agar sirkulasi udara di dalam ruangan jadi lebih maksimal. Sehingga, risiko penularan virus Corona melalui mikrodroplet pun bisa kita hindari.

"Kalau menggunakan exhaust fan, misalnya, kita bisa menarik udara yang di dalam dan menggantikan udara yang baru," jelasnya.



Simak Video "Cara Mudah Bantu 'Memulihkan' Dunia dari Pandemi Corona"
[Gambas:Video 20detik]
(fds/fds)