Senin, 13 Jul 2020 14:00 WIB

Apa yang Dimaksud dengan Droplet? Ini Penjelasannya

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
Warga melintas di depan mural bertemakan Lawan COVID-19 di kawasan Rawa Badak Selatan, Jakarta Utara, Senin (6/7). Menurut keterangan warga mural tersebut merupakan aksi lomba membuat mural bertemakan COVID-19 dengan tujuan mengkampanyekan untuk selalu menerapkan protkoler kesehatan di era New Normal. Apa yang dimaksud dengan droplet? (Foto: Pradita Utama)
Jakarta -

Apa yang dimaksud dengan droplet? Pertanyaan ini banyak diajukan di tengah pandemi virus Corona terlebih adanya fakta bahwa COVID-19 bisa ditransmisikan melalui droplet.

Lalu, apa yang dimaksud dengan droplet?

Droplet adalah cairan atau cipratan liur yang dikeluarkan seseorang dari hidung atau mulut saat bersin, batuk, bahkan berbicara. Droplet juga bisa dihasilkan melalui prosedur medis yang menghasilkan aerosol.

Dalam keterkaitannya dengan virus Corona, dikutip dari laman resmi Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), metode transmisi COVID-19 adalah melalui droplet atau percikan air liur orang yang sakit saat batuk dan bersin. Penularan secara droplet juga dapat terjadi saat seseorang berada dalam kontak dekat atau kurang dari 1 meter, dengan mereka yang terinfeksi.

Droplet atau percikan air liur biasanya berukuran 5-10 mikron.

Cairan droplet dari orang yang terinfeksi ini bisa jatuh ke tanah, ke benda-benda di sekitarnya, sehingga cara untuk menghindari virus adalah dengan rajin mencuci tangan dan hindari menyentuh wajah.

Namun belakangan ada juga istilah mikrodroplet atau droplet yang berukuran sangat kecil sehingga membuat virus dapat bertahan lama di udara.

"Partikel droplet bisa melayang cukup lama di udara sehingga memungkinkan siapapun yang nantinya berada di ruangan dan tidak menggunakan masker atau mengenakan masker tapi tidak tepat, akan sangat mudah tertular," tutur juru bicara pemerintah untuk penanganan COVID-19, Achmad Yurianto,

Transmisi Corona melalui udara berbeda dari droplet karena virus dapat berada pada droplet yang lebih kecil atau kurang dari 5 mikron. Perbedaan signifikan penularan airborne dan droplet yaitu airborne dapat menular pada jarak lebih dari 1 meter sedangkan droplet kurang dari 1 meter.



Simak Video "6 Hal yang Harus Diperhatikan Terkait Penularan COVID-19 Lewat Udara"
[Gambas:Video 20detik]
(kna/up)