Selasa, 14 Jul 2020 13:39 WIB

Jenis Makanan dan Minuman Pantangan Asam Urat Supaya Selalu Sehat

Rosmha Widiyani - detikHealth
asam urat Foto: iStock/Jenis Makanan dan Minuman Pantangan Asam Urat Supaya Selalu Sehat
Jakarta -

Tiap makanan dan minuman sejatinya mengandung nutrisi yang menjaga tubuh selalu sehat. Namun konsumsi berlebihan mengakibatkan makanan dan minuman meningkatkan risiko penyakit. Misalnya penyakit asam urat.

Risiko makin meningkat dengan pengolahan makanan serta minuman dengan gula, garam, dan lemak berlebih, plus pola hidup yang buruk. Akibatnya makanan dan minuman tertentu harus dihindari demi tubuh yang selalu sehat, seperti yang terjadi pada pasien asam urat.

Berikut Makanan dan minuman pantangan asam urat

Dikutip dari Mayo Clinic, ini makanan dan minuman yang sebaiknya dihindari orang dengan asam urat adalah:

1. Organ dalam atau jeroan

Hati dan ginjal adalah asupan tinggi purin yang dikhawatirkan meningkatkan kandungan asam urat dalam darah. Demi tubuh yang selalu sehat, jeroan sebaiknya jangan dikonsumsi pasien asam urat.

2. Daging merah

Konsumsi daging merah sebetulnya bukan tidak boleh sama sekali, namun harus dibatasi demi menjaga kesehatan. Sebelum mengkonsumsi daging merah sebaiknya konsultasi lebih dulu dengan dokter, untuk menekan risiko terburuk yang bisa terjadi pada pasien asam urat.

3. Makanan laut atau seafood

Beberapa jenis makanan laut sebaiknya jangan dikonsumsi pasien asam urat karena memiliki kandungan purin yang tinggi. Jenis seafood ini adalah lobster, udang, sarden, ikan teri, tuna, kerang, dan mackerel. Sedangkan seafood lain bisa dikonsumsi namun harus dengan konsultasi dokter lebih dulu.

4. Alkohol

Asupan minuman keras berkaitan dengan peningkatan risiko dan kembalinya serangan asam urat. Beberapa kasus memang melaporkan tidak ada peningkatan risiko usai konsumsi minuman anggur yang tidak terlalu banyak. Namun sangat disarankan tidak konsumsi minuman beralkohol untuk menjaga kondisi tubuh, atau konsultasi ke dokter lebih dulu.

5. Asupan yang mengandung banyak gula

Makanan dan minuman pantangan asam urat berikutnya adalah yang mengandung banyak gula. Demi menjaga kesehatan tubuh sangat disarankan memilih makanan dan minuman yang tidak mengandung gula tambahan. Asupan gula cukup berasal dari bahan asal makanan dan minuman tersebut.

Konsumsi sayur, buah, dan air putih secara umum lebih baik daripada makanan dan minuman pantangan asam urat. Pengolahan sayur dan buah tidak perlu diberi terlalu banyak gula, garam, dan lemak yang mungkin berisiko bagi kesehatan.

Selain menghindari makanan dan minuman pantangan asam urat, rajin konsultasi ke dokter juga menjadi sarana menjaga kesehatan tubuh. Konsultasi memungkinkan pasien tahu jenis makanan dan minuman yang sebaiknya dikonsumsi dan pola hidup sehat lain yang membantu tetap produktif setiap hari.



Simak Video "Dokter: Gejala Penyakit Pasca-Lebaran Biasanya Tidak Spesifik"
[Gambas:Video 20detik]
(row/erd)