Kamis, 16 Jul 2020 14:00 WIB

Punya Keturunan Diabetes? Jangan Khawatir, Lakukan Ini

Reyhan Diandri - detikHealth
diabetes anak Foto: shutterstock
Jakarta -

Salah satu faktor risiko Diabetes Tipe 2 adalah faktor keturunan, namun risiko seseorang terkena diabetes dapat dipengaruhi oleh kombinasi berbagai faktor lainnya yang meliputi genetik dan gaya hidup. Meskipun begitu, memiliki riwayat keturunan diabetes memang berkaitan dengan peningkatan risiko terkena penyakit diabetes. Bahkan risiko yang terjadi bisa mencapai 6,1 kali lebih tinggi dan faktor ini pun juga tidak dapat diubah.

Namun, bukan berarti tidak ada yang bisa dilakukan untuk menekan risikonya. Risiko diabetes dapat ditekan dengan menjalankan pola makan sehat, menjaga berat badan dalam kisaran normal, dan rutin berolahraga, termasuk pada mereka yang memiliki riwayat keturunan.


Sebagai contoh, dilansir dari Diabetologia sebuah penelitian menunjukkan risiko diabetes pada mereka yang memiliki riwayat keturunan diabetes akan semakin tinggi jika mengalami obesitas. Bahkan, risiko terkena diabetes pada mereka yang memiliki riwayat keturunan dan mengalami obesitas ini bisa mencapai 11 kali lipat lebih tinggi.

Sebaliknya, dikutip dari jurnal penelitian International Journal of Obesity peningkatan risiko diabetes pada mereka yang memiliki faktor keturunan dapat dihindari jika berat badan tidak berlebih. Menjaga berat badan tidak berlebih dapat menurunkan peningkatan risiko diabetes hingga 40%. Penelitian ini juga menunjukkan bahwa pola aktivitas ikut berpengaruh. Pekerjaan sehari-hari yang membuat kita duduk dalam waktu yang lama dan cenderung kurang bergerak berkaitan dengan risiko diabetes yang lebih tinggi, dibandingkan dengan pekerjaan yang banyak melibatkan banyak aktivitas fisik.


Oleh karena itu diperlukan pola hidup sehat untuk menekan risiko diabetes. Adapun beberapa cara untuk menekan risiko diabetes dilansir dari laman niddk.nih.gov adalah sebagai berikut.

1. Menjaga berat badan dalam kisaran normal, dan menurunkan berat badan jika berlebih. Studi menunjukkan bahwa penurunan berat badan sebesar 5-10% dari berat awal bermanfaat menghambat dan mencegah perkembangan diabetes
2. Rutin berolahraga minimal 150 menit setiap minggu. Pilih jenis olahraga yang disukai agar dapat dilakukan rutin setiap hari.
3. Jaga pola makan sehat dengan membatasi asupan kalori harian, konsumsi makanan dengan porsi lebih kecil, kurangi asupan lemak dan gula, batasi asupan daging merah dan produk daging olahan, pilih iji-bijian utuh, serta perbanyak buah dan sayur.

Selain itu, asupan gula sehari-hari juga harus dibatasi supaya jangan sampai berlebih. Ganti saja gula dengan pemanis rendah kalori, seperti Tropicana Slim Sweetener Honey dengan rasa madu yang nikmat untuk minuman favorit Anda. Yuk hindari faktor risiko keturunan penyakit diabetes dengan menjalani gaya hidup yang lebih sehat.



Simak Video "Awas! Diabetes Mengintai Anak"
[Gambas:Video 20detik]
(mul/ega)