Selasa, 14 Jul 2020 14:18 WIB

Benarkah Penyakit Diabetes Dapat Disembuhkan?

Abu Ubaidillah - detikHealth
diabetes Foto: shutterstock
Jakarta -

Mungkin, beberapa orang pernah mendengar informasi simpang siur di tengah masyarakat yang menyebut bahwa diabetes bisa disembuhkan. Mulai dari dengan cara menjalankan diet tertentu, puasa 11 hari, mengonsumsi daun insulin, menggunakan buah mahkota dewa, bahkan sampai makan hewan undur-undur.

Namun sayangnya menurut Joslin Diabetes Center penyakit diabetes tidak bisa disembuhkan, sebab hingga kini belum ada obat atau produk herbal yang bisa menyembuhkan penyakit ini. Produk herbal, bahan tradisional, ataupun cara yang disebutkan tersebut sebenarnya lebih merupakan kepercayaan masyarakat. Sementara efektivitas dari produk herbal atau bahan tradisional untuk mengatur kadar gula darah masih belum terbukti secara ilmiah.

Meski tak bisa disembuhkan, dengan penanganan yang tepat diabetes bisa dikontrol. Hal ini penting dilakukan untuk menghindari risiko komplikasi serta menjaga kualitas hidup diabetesi. Beberapa cara penanganan yang dianjurkan adalah menjalankan pola makan sehat, olahraga rutin, serta pengobatan yang sesuai.

Mengatur pola makan sangat bermanfaat untuk mengontrol kadar gula darah. Anda bisa memilih makanan tinggi serat dan mengonsumsi air yang cukup agar kadar gula darah terjaga. Selain itu, membatasi asupan gula, garam, dan lemak sehari-hari juga sangat penting agar tidak terjadi komplikasi diabetes yang berbahaya.

Namun bagi yang ingin tetap mengonsumsi gula, Anda bisa mengganti gula dengan pemanis yang rendah kalori seperti Tropicana Slim Sweetener Honey yang aman untuk penderita diabetes yang namun tetap memberikan rasa manis nikmat, mencegah asupan gula berlebih, serta menjaga berat badan tetap ideal.

Bagi penderita diabetes yang mengalami obesitas, membatasi asupan kalori harian juga sangat penting. Caranya adalah dengan mengombinasikan pola makan sehat dan aktivitas fisik secara rutin untuk menurunkan berat badan dan menjaga kadar gula darah terkontrol.

Bila diperlukan, maka konsumsilah obat sesuai anjuran dokter. Lakukan pemeriksaan dan konsultasi dengan dokter untuk menjaga kondisi tubuh Anda tetap sehat.



Simak Video "Penyandang Diabetes Tetap Aman Pergi ke RS saat Pandemi Corona"
[Gambas:Video 20detik]
(mul/mpr)