Selasa, 14 Jul 2020 06:30 WIB

6 Manfaat Minum Kopi yang Perlu Kamu Tahu!

Elsa Himawan - detikHealth
young chinese woman sitting next to windows in cafe. Secangkir kopi punya banyak manfaat bagi kesehatan (Foto: thinkstock)
Jakarta -

Minum kopi tidak hanya membuat lebih fokus dalam menjalani hari. Ada beragam manfaat minum kopi bagi kesehatan.

Banyak yang senang minum kopi karena harumnya yang pekat, rasanya yang agak sedikit 'pahit', atau kandungan kafein yang berpengaruh untuk mencegah rasa ngantuk. Itulah sebabnya, banyak orang yang tergila-gila dengan kopi.

Berikut sejumlah manfaat minum kopi yang wajib kamu ketahui, dikutip dari Health.

1. Kopi dapat memberi rasa bahagia

Para peneliti menemukan bahwa minum kopi dapat memberi emosi positif, termasuk kesenangan, kebaikan, kasih sayang, kepuasan, persahabatan, dan ketenangan. Temuan ini juga mencatat bahwa tidak ada emosi negatif yang muncul karena konsumsi kopi.

2. Kopi mengandung antioksidan

Biji kopi sebenarnya adalah biji di dalam buah kecil yang berwarna merah terang atau kuning. Baik biji maupun buahnya kaya akan antioksidan. Faktanya, terdapat satu penelitian yang menemukan kopi menjadi penyumbang terbesar terhadap asupan antioksidan.

Meskipun demikian, antioksidan dalam kopi telah dikaitkan dengan perlindungan kesehatan. Asam klorogenik, polifenol yang berlimpah dalam kopi, telah terbukti mengurangi peradangan dan mungkin dapat memberikan perlindungan terhadap penyakit kronis, termasuk obesitas.

3. Mengurangi risiko terkena diabetes tipe dua

Para peneliti menemukan bahwa kopi dapat berpeluang menurunkan penyakit diabetes sebesar 6 persen untuk setiap cangkir per hari. Beberapa ilmuwan mengatakan bahwa ada efek antioksidan dan anti-inflamasi kopi, kemampuan untuk meningkatkan pembakaran kalori, dan berdampak pada keragaman mikroba usus, sehingga dapat melindungi kesehatan.

4. Meningkatkan kualitas olahraga

Kopi dapat meningkatkan kualitas olahraga. Beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa mengonsumsi kopi dalam takaran sedang dapat meningkatkan kualitas olahraga.

Efeknya termasuk peningkatan peningkatan kekuatan otot, daya tahan, dan kekuatan, ditambah berkurangnya rasa sakit saat olahraga. Hal itu dapat membantu tubuh menjadi lebih kuat selama berolahraga sehingga menghasilkan peningkatan kekuatan otot dan daya tahan yang lebih baik.

5. Melindungi tubuh dari berbagai penyakit

Studi menunjukkan bahwa konsumsi kopi dapat melindungi tubuh dari kanker tertentu, seperti payudara, kolorektal, endometrium, dan prostat, juga penyakit jantung dan parkinson. Konsumsi kopi juga dapat mengurangi resiko stroke.

6. Menstimulasi kesehatan otak

Dalam hal kesehatan otak, kopi berkafein meningkatkan kewaspadaan dan juga dapat meningkatkan daya ingat hingga 24 jam setelah dikonsumsi. Konsumsi kopi juga meningkatkan daya konsentrasi.

Sekalipun menikmati kopi memiliki sejumlah manfaat, kamu juga tidak boleh mengkonsumsinya secara berlebihan. Minum kopi tidak boleh lebih dari 5 gelas pendek atau 2,5 gelas berukuran tinggi. Hindari sebisa mungkin hindari tambahan pemanis buatan atau gula tambahan. Hentikan asupan kafein setidaknya enam jam sebelum tidur untuk mengoptimalkan tidur. Jika kafein tidak cocok dengan metabolisme tubuhmu, maka cobalah untuk minum kopi tanpa kandungan kafein.



Simak Video "Ini Loh 2 Kandungan Kopi yang Menyebabkan Gigi Kuning"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)