Kamis, 16 Jul 2020 15:30 WIB

Mitos atau Fakta: Orang Gemuk Pasti Diabetes?

Alfi Kholisdinuka - detikHealth
obesitas Foto: shutterstock
Jakarta -

Penyakit diabetes mellitus atau kencing manis memang bisa menyerang siapa saja, baik orang bertubuh kurus maupun gemuk. Sebuah penelitian pada jurnal Diabetology & Metabolic Syndrome menunjukkan adanya kaitan positif antara kondisi berat badan seseorang dengan risiko diabetes. Lantas benarkah orang gemuk pasti diabetes?

Diketahui, dalam penelitian itu disebutkan memiliki berat badan di atas batas normal berkaitan dengan peningkatan risiko diabetes sebesar 50%. Semakin tinggi berat badan maka semakin tinggi juga risiko diabetes, bahkan dapat mencapai 5 kali lipat pada mereka yang mengalami obesitas.


Namun, bukan berarti tidak ada yang bisa dilakukan untuk mengantisipasinya. Menurunkan berat badan dapat membantu menurunkan risiko diabetes pada mereka yang kelebihan berat badan. Penelitian pada jurnal Diabetes Care menyebutkan untuk setiap penurunan 1 kilogram berat badan, risiko diabetes berkurang sebesar 16%.

Penelitian ini juga membuktikan rutin berolahraga dapat bermanfaat mengurangi risiko diabetes bagi mereka yang memiliki berat badan berlebih. Sebagai informasi rutin berolahraga minimal 150 menit per minggu juga berkaitan dengan penurunan risiko diabetes hingga 44%, meskipun hasil penurunan berat badan yang dialami tidak mencapai target.

Adapun manfaat olahraga untuk mengurangi risiko diabetes ini juga dibuktikan pada penelitian lain yang dipublikasikan di jurnal yang sama. Rutin beraktivitas fisik berkaitan dengan risiko diabetes yang lebih rendah pada wanita dengan berat badan berlebih.

Berikut tips aktivitas fisik dan berolahraga untuk menurunkan berat badan.

1. Mulai dengan durasi singkat yang dilakukan sepanjang hari, misalnya 10 menit setiap berolahraga dan lakukan di pagi, siang, dan sore hari.

2. Luangkan minimal 15 menit dari waktu istirahat siang untuk berjalan atau aktivitas lain.

3. Cari jenis olahraga yang disukai agar dapat dilakukan secara rutin untuk jangka waktu panjang.

4. Ajak teman dan keluarga untuk olahraga bersama agar lebih menyenangkan.

Selain beraktivitas fisik, pola makan juga perlu dijaga, termasuk dalam hal memilih camilan. Anda tak perlu khawatir, sudah banyak pilihan camilan yang lebih sehat, bebas gula dan rendah kalori. Sebut saja Tropicana Slim Hokkaido Cheese Cookies, yang bebas gula dan rendah kalori. Kita masih bisa menikmati camilan, tanpa perlu khawatir menambah berat badan.





Simak Video "Usai Lockdown, Berat Badan Pria di Wuhan Naik hingga 100 Kg"
[Gambas:Video 20detik]
(mul/ega)