Kamis, 16 Jul 2020 18:15 WIB

Tak Bikin Gemuk, Cara Makan Seperti Ini Justru Bantu Bakar Lemak

Sarah Oktaviani Alam - detikHealth
Ilustrasi lapar tengah malam. Ini cara makan yang justru bantu bakar lemak. (Foto: iStock)
Jakarta -

Makan malam adalah waktu makan yang paling dihindari, terutama untuk mereka yang sedang menjalani program diet. Tapi, tahukah kamu kalau makan malam lebih awal malah bisa bantu tubuh membakar lemak?

Berdasarkan studi yang dipublikasi di Endocrine Society's Journal of Clinical Endocrinology & Metabolism, meneliti hubungan antara waktu makan dan proses metabolisme makanan di dalam tubuh. Dan ternyata, makan malam di jam 6 sore justru membantu menurunkan berat badan.

Sebagai percobaan, 20 peserta yang sehat menjalani pola makan dalam waktu yang berbeda, yaitu pukul 6 sore dan 10 malam dengan menu yang sama, serta tidur di waktu yang sama pukul 11 malam. Para peneliti ingin mengetahui perbandingan proses metabolisme tubuh saat makan malam di kedua waktu tersebut.

Berdasarkan temuan tersebut, menunjukkan kadar gula darah akan lebih meningkat saat para peserta makan pukul 10 malam. Selain itu, jumlah lemak yang dibakar juga jauh lebih sedikit.

"Kami tidak terkejut, karena penelitian lain sudah menunjukkan bahwa saat makan di luar fase ritme sirkadian normal tubuh, tubuh tidak akan memetabolisme glukosa dengan cara yang sama," kata penulis studi, Jonathan C Jun, dikutip dari Healthline, Kamis (16/7/2020).

Selain itu, studi juga menemukan saat makan malam terlalu larut sekitar pukul 10 malam bisa meningkatkan kadar gula darah hingga 20 persen. Sementara lemak yang dibakar hanya sampai 10 persen, lebih sedikit saat makan pukul 6 sore.

"Saya pikir ini menunjukkan bahwa waktu makan juga mempengaruhi cara tubuh menangani lemak dan kalori," jelasnya.

Tak hanya membakar lemak lebih banyak, temuan ini juga ternyata penting untuk mencegah munculnya penyakit-penyakit di tubuh. Contohnya seperti diabetes dan penyakit jantung.

"Studi ini menjadi pengingat bahwa pola makan bukan cuma masalah porsi makanan, tetapi juga waktunya," ujar ahli kesehatan, Lisa K Diewald.



Simak Video "Awas! Diabetes Mengintai Anak"
[Gambas:Video 20detik]
(sao/up)