Jumat, 17 Jul 2020 08:48 WIB

5 Cara Mencegah Diabetes, Penyakit yang Diidap Omas Sebelum Meninggal

Achmad Reyhan Dwianto - detikHealth
s Omas meninggal dunia. (Foto: Omas / Noel)
Jakarta -

Pelawak asal Betawi, Omaswati meninggal dunia di usia 54 tahun pada Kamis (16/7/2020). Berdasarkan keterangan dari Ernie keponakannya, Omas mengidap penyakit gula atau diabetes sebelum meninggal.

"Iya penyakit gula," jelas Ernie.

Dikutip dari Healthline, diabetes melitus atau biasa dikenal dengan diabetes adalah penyakit metabolisme yang menyebabkan gula darah meningkat. Beberapa cara untuk mencegahnya adalah berikut ini.

1. Jaga pola makan

Kunci utama dalam mencegah diabetes adalah menerapkan pola makan yang sehat. Karena itu, sangat disarankan untuk membatasi makanan atau minuman yang tinggi akan kadar gula, kalori, dan lemak.

2. Rutin olahraga

Dengan rutin berolahraga, hormon insulin di dalam tubuh akan bekerja lebih maksimal dalam mengontrol gula dalam darah.

Cobalah untuk olahraga minimal 30 menit dalam sehari. Lakukan secara rutin agar risiko terkena diabetes dapat dihindari.

3. Jaga berat badan

Salah satu faktor terbesar orang terkena diabetes adalah karena tidak menjaga berat badan. Ketika berat badan menjadi berlebih dan obesitas, ini akan meningkatkan risiko terkena diabetes.

4. Kelola stres

Saat stres, tubuh akan melepaskan hormon stres (kortisol) yang bisa meningkatkan kadar gula dalam darah. Selain itu, ketika stres tubuh juga cenderung jadi mudah lapar dan makan lebih banyak.

Karena itu, sebaiknya mulailah melatih untuk mengelola stres dengan baik agar terhindar dari risiko diabetes.

5. Cek gula darah secara rutin

Melakukan cek gula darah ke dokter sangatlah dianjurkan untuk mencegah diabetes. Namun, sebelum mengecek gula darah, disarankan untuk berpuasa terlebih dahulu selama 10 jam.

Pengecekan gula darah juga bisa dilakukan secara rutin, setiap setahun sekali.



Simak Video "Awas! Diabetes Mengintai Anak"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)