Jumat, 17 Jul 2020 10:00 WIB

Omas Meninggal Dunia, Ini 4 Fakta Diabetes yang Perlu Kamu Tahu

Achmad Reyhan Dwianto - detikHealth
Omaswati Omas meninggal dunia di usia 54 tahun. (Foto: Dok. YouTube Trans TV)
Jakarta -

Pelawak Omas meninggal dunia. Pemilik nama lengkap Omaswati itu meninggal di usia 54 tahun pada Kamis (16/7/2020).

Disebutkan, Omas memiliki riwayat penyakit gula atau diabetes sebelum meninggal. Hal ini disampaikan oleh keponakannya, Ernie.

"Iya penyakit gula" jelas Ernie.

Diabetes merupakan salah satu penyebab utama kematian di dunia. Penyakit ini terjadi ketika tubuh tak lagi mampu mengontrol kadar gula atau glukosa dalam darah.

Dirangkum dari Northwestern Medicine, berikut 4 fakta tentang diabetes yang perlu kamu tahu.

1. Konsumsi gula bukan penyebab utama diabetes

Terlalu banyak mengonsumsi makanan atau minuman manis memang tidak dianjurkan karena dapat menyebabkan masalah kesehatan. Namun, gula bukanlah penyebab utama dari diabetes.

Diabetes sendiri umumnya terdiri dari dua tipe, yakni tipe 1 dan tipe 2. Kedua tipe ini pun memiliki penyebab utama yang berbeda-beda.

Diabetes tipe 1 disebabkan oleh kelainan bawaan pada sistem metabolisme gula. Pada kondisi ini, pankreas tidak dapat memproduksi insulin, hormon yang mengatur kadar gula darah.

Sementara itu, diabetes tipe 2 disebabkan oleh gaya hidup yang tidak sehat. Pada tipe ini, pankreas dapat memproduksi insulin, tetapi tidak cukup untuk mengatur kadar gula darah. Kelebihan berat badan atau obesitas menjadi salah satu faktor risikonya.

2. Masih bisa makan manis, tapi dengan catatan

Pengidap diabetes masih diperbolehkan untuk mengonsumsi makanan atau minuman manis, tapi dengan catatan harus dibatasi. Selain itu, harus pastikan juga kadar gulanya dalam kondisi terkontrol dengan rutin mengonsumsi obat-obatan sesuai petunjuk dokter.

3. Diabetes saat hamil tidak akan mewariskan penyakit

Selain diabetes tipe 1 dan 2, penyakit ini juga memiliki tipe yang ketiga yaitu diabetes gestasional. Diabetes ini umum terjadi pada saat kehamilan.

Wanita yang mengidap diabetes gestasional memang berisiko mengalami komplikasi kehamilan dan persalinan, tetapi ini tidak ada kaitannya dengan peningkatan risiko diabetes pada bayi yang dikandungnya.

4. Diabetes bisa dicegah dan dikontrol

Penyakit ini bisa dicegah dengan menerapkan gaya hidup sehat, seperti membatasi mengonsumsi makanan atau minuman yang mengandung gula, kalori, lemak, dan juga rutin berolahraga. Walaupun sampai terdiagnosa diabetes, pengobatan yang teratur bisa meningkatkan kualitas hidup pasien.



Simak Video "Penyandang Diabetes Tetap Aman Pergi ke RS saat Pandemi Corona"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)