Jumat, 17 Jul 2020 13:35 WIB

Membedah Mitos-mitos Diabetes, Penyakit yang Diidap Omas Sebelum Meninggal

Achmad Reyhan Dwianto - detikHealth
Omaswati Pelawak asal Betawi, Omaswati meninggal dunia di usia 54 tahun. (Foto: Dok. YouTube Trans TV)
Jakarta -

Pelawak dan seniman Betawi, Omaswati, meninggal dunia pada Kamis (16/7/2020) malam. Omas meninggal di usia 54 tahun.

Menurut Ernie keponakannya, Omas memiliki riwayat penyakit gula atau diabetes sebelum meninggal. "Iya penyakit gula," jelas Ernie.

Diabetes merupakan salah satu penyakit yang banyak diidap oleh masyarakat Indonesia. Berdasarkan data dari International Diabetes Federation pada 14 Mei 2020, diperkirakan sebanyak 10,6 juta penduduk Indonesia mengidap diabetes.

Penyakit yang bisa memicu beragam komplikasi ini juga lekat dengan berbagai mitos. Misalnya, orang dengan diabetes tidak boleh mengonsumsi gula. Benarkah?

Dirangkum detikcom, berikut fakta di balik 4 mitos terkait diabetes, dikutip dari The Healthy dan Medical News Today.

1. Tidak boleh mengonsumsi gula

Diabetes memang penyakit yang membuat tubuh tidak bisa mengontrol kadar gula atau glukosa dalam tubuh. Namun, bukan berarti orang dengan diabetes tidak boleh mengonsumsi gula.

Asupan gula tetap dibutuhkan oleh tubuh sebagai sumber energi, tetapi dengan catatan harus dibatasi dengan mengikuti anjuran dokter.

"Mungkin butuh trial and error hingga diperoleh dosis konsumsi gula serta insulin yang tepat. Namun kondisi ini bisa diatur dan dipelajari. Pasien bisa menggunakan glucose monitor jika memungkinkan untuk mengetahui perubahan kadar gula dalam tubuh," kata Health Care & Education at the American Diabetes Association David Marrero, PhD.

2. Diabetes bisa sembuh

Hingga kini belum ada obat yang mampu menyembuhkan diabetes. Tetapi, penyakit ini bisa masuk ke dalam fase remisi, yakni ketika tubuh tak lagi menunjukkan gejala-gejala diabetes meski mungkin penyakitnya masih ada.

Meski tak bisa sembuh, diabetes bisa dicegah dan dikontrol dengan menerapkan pola hidup yang sehat, seperti membatasi mengonsumsi makanan yang tinggi gula, kalori, lemak dan juga rutin berolahraga.

3. Hanya terjadi pada orang yang obesitas

Hampir 85 persen orang yang mengidap diabetes biasanya mengalami obesitas atau kelebihan berat badan. Tetapi, 15 persen lainnya adalah mereka yang punya bobot normal.

Dalam kasus ini ada beberapa hal yang mempengaruhi, salah satunya adalah adanya riwayat keluarga yang juga mengidap diabetes.

4. Tidak ada gejala

Sama halnya dengan penyakit lain, diabetes juga dapat menunjukkan gejala namun kerap diabaikan.

Beberapa gejala diabetes yang patut diwaspadai, di antaranya sering merasa haus meski sudah minum, konsumsi cairan lebih banyak dari biasanya, lelah dan lapar sepanjang hari, hingga berat badan turun meski tak pernah diet. Jika gejala ini muncul sebaiknya segera konsultasikan ke dokter.



Simak Video "Penyandang Diabetes Tetap Aman Pergi ke RS saat Pandemi Corona"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)