Jumat, 17 Jul 2020 14:47 WIB

Studi Ungkap Virus Corona COVID-19 Bisa Jadi Penyebab Langsung Kematian

Sarah Oktaviani Alam - detikHealth
Otoritas Rusia untuk pertama kalinya menyebarkan data 101 petugas medis meninggal akibat COVID-19 setelah beredarnya data lain terkait hal tersebut. Studi ungkap virus Corona COVID-19 bisa jadi penyebab langsung kematian. (Foto: AP Photo)
Jakarta -

Sebuah studi di Italia mengungkap penyebab langsung kematian 9 dari 10 orang pasien COVID-19 adalah virus Corona baru itu sendiri. Adanya penelitian ini memicu perdebatan dari para ahli. Mereka masih terus mencari tahu apakah hanya virus itu yang menjadi penyebab kematian para pasien, atau ada faktor lainnya.

Studi yang dilakukan oleh Superior Health Institute and National Statistics Institute ISTAT menunjukkan virus Corona menjadi penyebab langsung 89 persen kematian dari 4.942 pasien COVID-19 yang menjadi sampel dalam studi ini. Sementara 11 persen pasien lainnya meninggal karena kondisi medis penyakit penyerta atau komorbid.

Mengutip Reuters, kondisi penyerta tersebut meliputi kanker, penyakit jantung, dan demensia. Tetapi, virus itu pun mungkin membuat kondisi kesehatan mereka semakin memburuk hingga mempercepat kematian.

Selain itu, sebanyak 79 persen pasien COVID-19 juga meninggal karena pneumonia. Seperti yang diketahui, penyakit pneumonia ini juga berkaitan erat dengan virus Corona. Penyakit ini menjadi komplikasi yang umum dialami para pasien COVID-19, diikuti penyakit pernapasan lainnya.

Laporan menunjukkan COVID-19 bisa menjadi penyebab tunggal kematian. Ini terjadi ketika pasien tidak memiliki penyakit penyerta lainnya yang bisa menyebabkan kematian.

"Pada 28,2 persen kasus yang dianalisis, tidak ada penyebab kematian lainnya selain karena COVID-19," tulis laporan tersebut.



Simak Video "Yang Harus Dilakukan Jika Tak Bisa Cium Bau Seperti Gejala Corona"
[Gambas:Video 20detik]
(sao/fds)