Jumat, 17 Jul 2020 15:12 WIB

Foto Jenazah Corona Terbungkus Plastik Viral, Bagaimana Protokol Resminya?

Firdaus Anwar - detikHealth
Folder of Coronavirus covid19 2019 nCoV outbreak Viral foto jenazah pasien Corona. (Foto: Getty Images/iStockphoto/oonal)
Jakarta -

Di media sosial viral jepretan foto yang disebut jenazah pasien positif Corona COVID-19. Tampak apa yang seperti siluet tubuh seorang manusia terbungkus plastik di atas kasur rumah sakit.

Diketahui foto tersebut merupakan hasil karya fotografer Joshua Irwandi untuk majalah National Geographic edisi Agustus 2020. Dalam keterangan di Instagram, Joshua menyebut foto ini menjadi pengingat dampak nyata dari pandemi COVID-19.

"Memotret korban virus Corona di Indonesia adalah tugas fotografi paling memilukan dan menyeramkan yang pernah saya lakukan. Dalam pikiran saya saat itu, apa yang terjadi pada orang ini bisa saja dialami oleh orang yang saya sayang, orang yang kita semua sayang," tulis Joshua seperti dikutip dari Instagramnya @joshirwandi, pada Jumat (17/7/2020).

[Gambas:Instagram]



Foto yang sama beberapa kali diunggah ulang pengguna media sosial lain dan mendapat banyak reaksi dari netizen. Ada yang menganggapnya sebagai peringatan, namun ada juga yang menyebut foto ini hanya menakut-nakuti.

"Tapi masih ada aja yang ambil paksa jenazah dan ngotot mau dimandikan," komentar satu pengguna Facebook.

Dalam pedoman Pencegahan dan Pengendalian COVID-19 yang dikeluarkan Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI, memang ada pemulasaraan khusus untuk jenazah pasien positif Corona. Tujuannya mencegah potensi penyakit menyebar lebih jauh.

"Jenazah harus terbungkus seluruhnya dalam kantong jenazah yang tidak mudah tembus sebelum dipindahkan ke kamar jenazah," tulis pedoman.



Simak Video "Virus Corona Bisa Serang Usus Meski Pernapasan Negatif Covid-19"
[Gambas:Video 20detik]
(fds/up)