Sabtu, 18 Jul 2020 15:25 WIB

Tips Psikolog Hindari Modus Penipuan Seperti yang Dialami Anang-Ashanty

Ayunda Septiani - detikHealth
anang hermansyah, ashanty Anang-Ashanty hampir tertipu saat menjual rumah. (Foto: Instagram)
Jakarta -

Pasangan artis Anang Hermansyah dan Ashanty nyaris menjadi korban penipuan oleh orang yang berniat membeli rumahnya. Namun kini mereka bisa bernapas lega karena berhasil lolos dari penipu yang akan membeli rumahnya.

Dalam beberapa kesempatan, Ashanty pernah menyebut rumah mewahnya di kawasan Cinere sudah laku terjual. Tapi ternyata calon pembeli dari rumah mereka adalah seorang penipu kelas kakap.

Kejadian ini dibagikan Ashanty dalam akun instagram miliknya. Ashanty mengatakan sangat bersyukur karena belum menyerahkan sertifikat rumahnya.

[Gambas:Instagram]

Kasus penipuan sebetulnya memang kerap terjadi, lalu bagaimana tips untuk hindari modus penipuan?

Psikolog Nuzulia Rahma dari Pro Help Center dan Reis Community menjelaskan untuk memastikan proses jual beli harus sesuai dengan prosedur yang jelas dan tidak terburu-buru.

"Agar tidak terbuai janji, pastikan proses jual beli yang dilakukan berdasarkan tahapan tahapan yang jelas. Jika perlu, jelas juga tahapannya atau prosedurnya sesuai hukum. Tidak perlu buru buru. Pastikan semuanya sesuai prosedur hukum jual beli yang berlaku," ujar Rahma sa
Lalu apa yg perlu diwaspadai jika ada sesuatu yg mengarah ke penipuan?

Rahma menjelaskan, untuk mewaspadai adanya modus penipuan dalam proses jual beli, kita harus kenali dulu si pembeli lebih jauh.

"Agar transaksi jual beli aman dari orang yang berniat jahat, sebelum melakukan transaksi, kenali lebih jauh partner jual beli kita (sebagai penjual tau calon pembeli) kata Rahma saat dihubungi detikcom Minggu (18/7/2020).

"Cek medsos, cek nomor rekening, cek ke temen-temen," pungkasnya.



Simak Video "Lebih Dekat dengan Komunitas Autoimun Indonesia"
[Gambas:Video 20detik]
(naf/naf)