Minggu, 19 Jul 2020 07:00 WIB

9 Cara Membersihkan Karang Gigi Sendiri di Rumah

Tim detikhealth - detikHealth
karang gigi Foto: iStock/9 Cara Membersihkan Karang Gigi Sendiri di Rumah
Jakarta -

Pernahkah memperhatikan gigi Anda tampak lebih kusam dan kuning? Warna kekuningan itu berasal dari karang gigi. Karang gigi adalah plak yang telah mengeras pada gigi.

Kalau tak dibersihkan, lama-kelamaan karang gigi menumpuk di gigi atas dan di bawah gusi. Kondisi ini bisa merusak gigi dan sangat tidak enak dilihat. Mau ke dokter gigi namun khawatir COVID-19. Dalam kondisi seperti ini Anda bisa membersihkan karang gigi sendiri di rumah.

Berikut cara membersihkan karang gigi sendiri di rumah dilansir Webmd dan Healthline:

1. Sikat gigi secara teratur, dua kali sehari masing-masing selama 2 menit.

Gunakan sikat dengan bulu lembut yang cukup kecil untuk masuk ke mulut Anda. Pastikan untuk memasukkan permukaan yang sulit dijangkau di belakang gigi Anda dan pada geraham belakang Anda.

2. Pakai Sikat Gigi Elektrik

Studi telah menemukan bahwa sikat gigi elektrik, dapat menghilangkan karang gigi lebih baik daripada model manual. Namun pakai sikat gigi elektrik yang telah menjalani uji kontrol kualitas dan keselamatan yang ketat.

3. Pilih Pasta Gigi Fluoride

Fluoride akan membantu memperbaiki kerusakan email atau lapisan luar gigi. Beberapa produk memiliki zat yang disebut triclosan yang melawan bakteri dalam plak.

4. Benang Khusus Gigi

Seberapa keras kamu menyikat gigi, benang gigi adalah satu-satunya cara untuk menghilangkan karang gigi di antara gigi Anda dan menjaga tartar keluar dari area yang sulit dijangkau ini. Tartar adalah lapisan plak yang mengeras.

5. Kumur Setiap Hari

Gunakan obat kumur antiseptik setiap hari untuk membantu membunuh bakteri yang menyebabkan karang gigi.

6. Perhatikan Asupan Makanan

Bakteri di mulut Anda tumbuh subur pada makanan manis dan bertepung. Saat mereka terpapar pada makanan itu, mereka melepaskan asam berbahaya. Cobalah makan makanan yang sehat dan batasi jumlah makanan manis dan makanan ringan yang Anda makan. Setiap kali Anda makan, Anda juga memberi makan bakteri di mulut Anda.

Anda tidak harus berhati-hati dengan permen atau camilan di antara waktu makan. Sikat dan minum banyak air selama dan setelah makan.

7. Jangan Merokok

Penelitian menunjukkan bahwa orang yang merokok atau menggunakan produk tembakau lainnya lebih cenderung memiliki karang gigi.

Terkadang, karang gigi terakumulasi kembali dengan cepat setelah dibersihkan. Beberapa ahli merekomendasikan perawatan rumah lainnya untuk menghilangkan penumpukan karang gigi.


8. Berkumur dengan Minyak

Biasanya minyak kelapa atau minyak zaitun - di sekitar mulut Anda dapat menguatkan gigi Anda, mencegah kerusakan gigi, dan menghilangkan karang gigi. Kamu dapat mengaduk sekitar satu sendok makan kelapa atau minyak zaitun di sekitar mulut Anda selama 20 hingga 30 menit. Minyak kelapa dipercaya sangat bermanfaat karena mengandung asam lemak seperti asam laurat, suatu zat dengan efek antiinflamasi dan antimikroba.


9. Baking Soda

Cara membersihkan karang gigi sendiri di rumah lainnya yakni dengan soda kue. Peneliti Trusted Source telah menemukan bahwa orang yang menyikat gigi dengan pasta gigi yang mengandung soda kue menghapus lebih banyak plak dan memiliki lebih sedikit plak yang tumbuh kembali selama 24 jam dibandingkan orang yang menyikat gigi dengan pasta gigi yang tidak mengandung soda kue.

Soda kue efektif menghilangkan plak karena bersifat sebagai pembersih alami. Jadi bye bye karang gigi!



Simak Video "Tips Aman Berkegiatan Sehari-hari Agar Bebas Virus Corona"
[Gambas:Video 20detik]
(nwy/pal)