Senin, 20 Jul 2020 04:54 WIB

Round Up

3 Pencegahan Corona di Kantor, Pantang Ada Sajian Saat Meeting

AN Uyung Pramudiarja - detikHealth
Sejumlah pegawai kembali bekerja di kantor usai sebelumnya bekerja dari rumah. Guna cegah virus Corona para pegawai pakai face shield hingga masker saat bekerja Virus Corona COVID-19 (Foto: Agung Pambudhy)
Jakarta -

Pemerintah RI kembali mengingatkan risiko penularan virus Corona COVID-19 di kalangan pekerja kantoran. Penggunaan masker dan pembatasan jarak aman menjadi langkah pencegahan utama sejak dari perjalanan menuju tempat kerja.

Sebelumnya, juru bicara pemerintah untuk penanganan viruws Corona COVID-19 Achmad Yurianto menyebut penularan banyak terjadi perkantoran. Interaksi dengan banyak orang di satu tempat membuat kantor jadi tempat yang rentan penularan.

Karenanya, pemerintah mengingatkan beberapa hal terkait pencegahan virus Corona di kalangan pekerja. Di antaranya sebagai berikut:

1. Dibagi menjadi 2 gelombang

Dianjurkan untuk membagi jam kerja menjadi 2 shift atau gelombang. Gelombang pertama masuk lebih pagi sekitar pukul 7 atau 7:30 dan gelombang berikutnya pada pukul 10 atau 10:30.

"Ini ditujukan agar tidak terjadi penumpukan di sarana transportasi umum," pesan Yuri.

2. Dilarang ngobrol!

Penularan virus Corona COVID-19 terjadi melalui droplet atau bercak dahak yang keluar dari mulut dan hidung. Belakangan, diyakini terjadi juga penularan melalui mikrodroplet yakni droplet berukuran mikro yang bertahan lebih lama di udara.

"Tetap menggunakan masker dan diupayakan untuk tidak mengadakan pembicaraan sama sekali," pesan Yuri bagi pekerja saat menggunakan sarana transportasi umum.

3. Batasi meeting

Pertemuan terkait pekerjaan lebih dianjurkan secara online. Jika terpaksa harus melakukan pertemuan atau meeting secara fisik, maka ada beberapa anjuran yang bisa diterapkan:

  • Kapasitas ruangan diperhitungkan agar tetap bisa physical distancing
  • Presentasi dibatasi yang penting-penting saja
  • Durasi maksimal 30 menit
  • Tidak ada hidangan makan-minum yang memungkinkan peserta pertemuan membuka masker.


Simak Video "Masker Katup Tak Mampu Tangkal Penularan Covid-19 "
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)