Senin, 20 Jul 2020 10:46 WIB

Benarkah Jahe Merah Bisa Atasi Gangguan Lambung?

Reyhan Diandri Ghivarianto - detikHealth
Kalbe Foto: shutterstock
Jakarta -

Tanaman jahe khususnya jahe merah sering kali dikaitkan dengan berbagai khasiat yang terkandung di dalamnya. Salah satu khasiatnya disebutkan adalah sebagai tanaman yang bisa mengatasi gangguan lambung. Tetapi apakah hal tersebut benar adanya?

Medical Manager Divisi Kalbe Consumer Health PT Kalbe Farma TBK dr Helmin Agustina Silalahi mengatakan secara umum tanaman Zingiber Officinale Rosch Rhizome Extract (jahe merah) mempunyai manfaat seperti anti radang, mengatasi mual, kembung, gastroprotektif, menjaga imunitas tubuh, dan sebagainya.

"Untuk manfaat jahe merah khususnya bagi lambung, yaitu sebagai anti peradangan, anti mual, anti kembung, dan gastroprotektif," ujar dr Helmin baru-baru ini kepada detikHealth, Senin (20/7/2020).

Kemudian dilansir dari laman Healthline, gangguan lambung seperti dispepsia ternyata juga bisa diatasi dengan mengkonsumsi jahe. Tanaman ini mempunyai manfaat untuk mengosongkan perut lebih cepat dari yang sebelumnya 16 menit menjadi 12 menit.

Karena dispepsia disebabkan secara umum oleh pengosongan perut yang terlambat, maka jahe merah pun bisa digunakan untuk meredakan rasa sakit yang terjadi. Selain itu, zingerone di dalam jahe merah juga berkhasiat untuk menghambat enzim yang memicu radang pencernaan.

"Semua zat aktif dalam jahe merah bermanfaat bagi kesehatan saluran cerna, terutama gingerol dan shogaol melalui mekanisme anti peradangan, anti gas, dan mengatasi mual," jelas dr Helmin.

Melalui berbagai hasil studi yang ada, dapat disimpulkan bahwa jahe merah memang terbukti bisa mengatasi gangguan lambung. Jika Anda mengalami gangguan lambung, maka bisa mencoba Promag Herbal yang mengandung jahe merah. Obat Herbal ini bermanfaat untuk membantu meredakan gangguan lambung seperti mual dan muntah, perih ulu hati, serta kembung atau sebah.

"Promag memiliki varian terbaru yaitu varian Promag Herbal yang mengandung herbal-herbal yang bekerja mengatasi gangguan saluran pencernaan, salah satunya adalah jahe merah yang dapat mengatasi mual atau muntah, menurunkan peradangan lambung, dan melindungi lambung dari iritasi," ujar dr Helmin.

Promag Herbal dengan kandungan 8 herbal seperti kunyit, jahe merah, madu, dan bahan berkhasiat lainnya akan terasa hangat di tenggorokan dan perut sehingga dapat mengurangi rasa mual. Obat Herbal ini juga bisa diminum langsung atau dicampur dengan air hangat sehingga lebih praktis untuk dibawa ke mana saja dan diminum kapan saja.



Simak Video "Manfaat Konsumsi Jahe: Tingkatkan Imun Tubuh "
[Gambas:Video 20detik]
(akn/ega)