Senin, 20 Jul 2020 15:09 WIB

Raja Salman ke RS karena Radang Kandung Empedu, Apa Penyebabnya?

Firdaus Anwar - detikHealth
Saudi Arabias King Salman bin Abdulaziz Al Saud talks during the opening of 29th Arab Summit in Dhahran, Saudi Arabia April 15, 2018. Bandar Algaloud/Courtesy of Saudi Royal Court/Handout via REUTERS THIS IMAGE HAS BEEN SUPPLIED BY A THIRD PARTY. Raja Salman melakukan cek kesehatan karena radang kandung empedu. (Foto: Bandar Algaloud/Courtesy of Saudi Royal Court/Handout via REUTERS)
Jakarta -

Penguasa Arab Saudi, Raja Salman bin Abdulaziz, dilaporkan mengunjungi rumah sakit (RS) karena masalah kesehatan. Kantor berita Arab Saudi (Saudi Press Agency/SPA) menyebut sang raja mengalami radang kandung empedu.

Hal ini membuat rencana pertemuan antara Raja Salman dan Perdana Menteri Irak, Mustafa al-Kadhimi, ditunda untuk sementara.

"Mengingat pentingnya acara kunjungan ini agar sukses, pemimpin kita yang bijaksana berkoordinasi dengan saudara kita di Irak, memutuskan untuk menunda kunjungan," kata Pangeran Faisal bin Farhan Al Saud seperti dikutip dari Al Jazeera pada Senin (20/7/2020).

Apa penyebab radang kandung empedu?

Dikutip dari National Health Service, kondisi radang kandung empedu (kolesistitis) biasanya disebabkan karena masalah batu empedu. Batu empedu kadang bisa terbentuk di dalam tubuh dan menyebabkan sumbatan di empedu.

Penyebab lainnya yang juga bisa menyebabkan radang mulai dari tumor hingga penyakit infeksi tertentu.

"Bila dibiarkan, kolesistitis dapat berujung pada komplikasi serius membahayakan nyawa, seperti pecahnya kandung empedu," tulis Mayo Clinic.



Simak Video "Update! Wisma Atlet Buka Tower Baru untuk Isolasi Pasien OTG"
[Gambas:Video 20detik]
(fds/up)