Selasa, 21 Jul 2020 15:28 WIB

Tak Lagi Jadi Jubir Penanganan COVID-19, Achmad Yurianto ke Mana?

Sarah Oktaviani Alam - detikHealth
Juru bicara pemerintah untuk penanganan COVID-19, Achmad Yurianto (dok. BNPB) Achmad Yurianto kembali menjabat sebagai Dirjen P2P. (Foto: Juru bicara pemerintah untuk penanganan COVID-19, Achmad Yurianto (dok. BNPB))
Jakarta -

Achmad Yurianto kini sudah tidak menjabat lagi sebagai Juru Bicara Pemerintah Percepatan Penanganan COVID-19. Posisi tersebut digantikan oleh Prof Wiku Adisasmito, yang sebelumnya menjabat sebagai Ketua Tim Pakar Satuan Tugas (Satgas) Percepatan Penanganan COVID-19.

"Nanti ada tambahan bahwa juru bicara pemerintah di sini adalah ditunjuk Prof Wiku dari BNPB dan Pak Budi Gunadi Sadikin dari khusus untuk Satgas Ekonomi," kata Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartanto, dalam jumpa pers yang disiarkan di Youtube Menko Perekonomian RI, Selasa (21/7/2020).

Selepas dari jubir pemerintah untuk penanganan COVID-19, Yuri mengatakan akan kembali bertugas sebagai Dirjen Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P).

"Saya kembali ke tugas Dirjen P2P," kata Yuri saat dihubungi detikcom, Selasa (21/7/2020).

Per hari ini juga, tugas Yuri dalam menyampaikan update data terbaru terkait COVID-19 di Indonesia, akan digantikan oleh Prof Wiku.

"Sekarang yang update Prof Wiku," lanjutnya.

Meski sudah tidak menjadi jubir lagi, Yuri akan tetap memantau dan mengevaluasi perkembangan penanganan virus Corona COVID-19 di Tanah Air. Karena, COVID-19 menjadi salah satu masalah yang sangat menjadi konsentrasi di P2P.

"COVID-19 itu salah satu masalah di P2P, saya tetap mengevaluasi COVID-19," jelas Yuri.



Simak Video "Reagen Tes Corona Sering Habis, Pemerintah: Dicari Banyak Negara"
[Gambas:Video 20detik]
(sao/up)