Selasa, 21 Jul 2020 22:59 WIB

4 Penyebab Gatal pada Puting Payudara

Elsa Himawan - detikHealth
ilustrasi payudara Ada banyak penyebab puting terasa gatal (Foto: thinkstock)
Jakarta -

Puting seringkali terasa gatal sehingga menimbulkan ketidaknyamanan. Gatal pada puting sebenarnya adalah hal yang normal dan tidak perlu terlalu mencemaskannya karena bisa ditangani.

Namun, bukan berarti kamu menyepelekan puting gatal. Jika keseringan terjadi, gatal juga bisa menjadi penyebab gejala penyakit. Perlu berhati-hati, tapi tak perlu panik juga karena tidak melulu puting gatal selalu dikaitkan dengan penyakit serius itu.

Berikut penyebab puting menjadi gatal :

1. Kehamilan

Perubahan hormon membuat payudara seorang wanita menjadi membesar, sehingga aliran darah meningkat dan menimbulkan rasa gatal pada puting. Selain gatal, biasanya seorang wanita yang tengah hamil juga mengalami nyeri dan kesemutan pada puting.

Secara umum, wanita hamil bisa mengobati puting yang terasa gatal dengan menggunakan lotion bebas kimia yang mengandung vitamin E, seperti minyak kelapa, petroleum jelly, dan dioleskan pada kisaran area puting.

2. Infeksi kulit

Ada beberapa penyebab dermatitis (radang kulit) pada puting, yaitu eksim, iritasi, dan alergi. Eksim biasanya terjadi pada wanita menyusui. Biasanya, eksim juga bisa disebabkan oleh gesekan saat berlari, pakaian yang berbahan kasar, air, kandungan sabun, dan deterjen yang kurang cocok dengan kulit.

Pengobatan pada eksim di area puting bisa dilakukan dengan menggunakan antibiotik agar infeksi tidak berkembang dan tetap menjaga kulit terhidrasi dengan menggunakan pelembab.

3. Ragi

Terkadang, wanita dapat mengalami infeksi jamur pada payudara yang disebut 'ragi payudara' atau Sariawan di kisaran payudara. Ragi payudara dapat berkembang tanpa diketahui penyebabnya. Biasanya, hal ini terjadi pada wanita menyusui, wanita dengan kandidiasis (infeksi jamur) vagina, dan salah menggunakan antibiotik.

Pengobatannya bisa dilakukan dengan menggunakan krim antijamur untuk menghindari kelembapan dari puting, sehingga puting tetap terjaga kering sepanjang hari. Gunakan air panas untuk mencuci pakaian, handuk, dan bra. Lalu, jangan lupa untuk mengeringkannya.

4. Implikasi

Kanker, tumor payudara bisa menjadi salah satu penyebab dari puting terasa gatal. Biasanya, puting disertai dengan rasa kesemutan, kulit kemerahan, bahkan mengelupas. Puting pun terkadang berdarah kekuningan tergantung sejauh mana keparahan penyakitnya.



Simak Video "Cara Hilangkan Gatal Akibat Gigitan Nyamuk Pakai Kulit Petai"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)