Rabu, 22 Jul 2020 11:30 WIB

Cek Suhu Tubuh Pakai Thermo Gun, Lebih Akurat di Tangan atau Dahi?

Nafilah Sri Sagita K - detikHealth
Para pengunjung dan petugas di Pengadilan Negeri Jakarta Pusat diperiksa suhu tubuhnya saat akan memasuki gedung. Hal itu dilakukan guna cegah penyebaran corona Ilustrasi thermo gun. (Foto: Ari Saputra)
Topik Hangat Hoax Thermo Gun
Jakarta -

Belakangan, ramai soal hoax yang menyebut penggunaan thermo gun bisa merusak otak. Menurut info hoax tersebut, pengukur suhu berbentuk pistol itu akan menembakkan sinar laser saat diarahkan ke dahi, dan radiasinya bisa merusak struktur dan jaringan yang ada di otak.

dr Achmad Yurianto Direktur Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Kemenkes RI beberapa waktu lalu menegaskan bahwa informasi tersebut keliru. Thermo gun adalah alat ukur yang mendeteksi pancaran radiasi inframerah, bukan sinar laser atau radioaktif seperti X-ray.

"Statement soal merusak otak adalah statement yang salah. ini akan membahayakan semua orang dan justru kontraproduktif untuk mencegah agar penularan tidak terjadi," kata dr Yuri dalam siaran pers BNPB, Senin (20/7/2020).

Informasi lain yang disebutkan dalam hoax tersebut adalah bahwa seharusnya pengukuran suhu tubuh dengan thermo gun dilakukan di tangan, bukan di dahi. Namun, dokter spesialis onkologi, Dr dr Sonar Soni Panigoro SpB-Onk, menilai baik di tangan maupun dahi sebenarnya tidak memiliki perbedaan yang signifikan.

"Di tangan bisa-bisa saja. Tetapi kenapa selama ini di dahi? Karena lebih praktis. Memang di dahi diasumsikan agak lebih banyak pembuluh darah tepi dan lebih mudah langsung tembak. Kalau di tangan harus angkat-angkat tangan, terus yang pakai sarung tangan susah juga kan," jelas dr Sonar saat dihubungi detikcom Rabu (22/7/2020).

dr Sonar menegaskan baik di dahi maupun di tangan sulit untuk menekankan daerah mana yang lebih baik untuk mengecek suhu tubuh dari luar. Mengecek suhu tubuh dengan thermo gun juga dinilai tidak akan akurat jika terpengaruh suhu lingkungan di dalam ruangan maupun di luar ruangan.

"Kalau kita habis dari ruangan ber-AC, atau baru pergi dari luar, dengan suhu lingkungan yang panas, itu bisa berpengaruh," lanjut dr Sonar.

Bagian yang dinilai paling akurat untuk mengecek suhu tubuh adalah rongga mulut dan di lubang anus. Sebab, bagian tersebut yang mendekati suhu inti tubuh.

"Tapi kan nggak mungkin mengecek suhu tubuh di bagian lubang anus. Dari rongga mulut pun kan disebut tidak nyaman," pungkasnya.



Simak Video "Keresahan Dokter Perihal Thermo Gun yang Ditembak di Tangan "
[Gambas:Video 20detik]
(naf/up)
Topik Hangat Hoax Thermo Gun