Rabu, 22 Jul 2020 19:35 WIB

Puasa Arafah 2020, ini Menu Berbuka Puasa yang Sehat

Lusiana Mustinda - detikHealth
juicy Dried date fruits or kurma, ramadan meal with mint leaf, flat lay Puasa Arafah 2020. Foto: iStock
Jakarta -

Puasa Arafah 2020 adalah puasa yang dilakukan pada hari ke-9 pada bulan Dzulhijah. Puasa Arafah sangat dianjurkan untuk umat Islam. Manfaat dari berpuasa Arafah adalah dapat menghapus dosa setahun yang lalu dan satu tahun yang akan datang.


Diriwayatkan dalam Hadits Muslim tentang keutamaan puasa Arafah, Rasulullah SAW bersabda:


صِيَامُ يَوْمِ عَرَفَةَ أَحْتَسِبُ عَلَى اللَّهِ أَنْ يُكَفِّرَ السَّنَةَ الَّتِى قَبْلَهُ وَالسَّنَةَ الَّتِى بَعْدَهُ وَصِيَامُ يَوْمِ عَاشُورَاءَ أَحْتَسِبُ عَلَى اللَّهِ أَنْ يُكَفِّرَ السَّنَةَ الَّتِى قَبْلَهُ


Artinya: "Puasa Arafah (9 Dzulhijjah) dapat menghapus dosa setahun yang lalu dan satu tahun yang akan datang. Puasa Asyuro (10 Muharram) akan menghapus dosa setahun yang lalu." (HR. Muslim).

Puasa sunnah yang banyak manfaat ini bisa dijalankan dengan baik jika didukung dengan asupan makanan sehat. Setelah menjalankan Puasa Arafah, sebaiknya berbuka puasa dengan pilihan menu sehat.

Berikut ini menu berbuka puasa yang sehat setelah menjalankan Puasa Arafah 2020:

1. Kurma

Setelah berpuasa seharian penuh, Anda dapat berbuka puasa dengan segelas air putih atau susu dan ditambah dengan beberapa buah kurma sebelum melaksanakan sholat maghrib. Buah kurma sangat baik dikonsumsi saat sedang berpuasa.

Rasulullah SAW bersabda:

"Apabila salah seorang di antara kamu ingin berbuka puasa, maka hendaklah memulainya dengan kurma, karena ia memiliki keberkahan, jika tidak ada kurma, maka mulailah dengan air minum, karena ia menyucikan." (H.R Abu Daud dan Tirmidzi)

Buah kurma juga mengandung zat besi, gula alami, serat dan juga beberapa mineral. Jika Anda mengalami sakit kepala selama berpuasa. Hal ini dapat terjadi karena kadar gula darah yang rendah di dalam tubuh. Sebaiknya konsumsi minimal 3 biji kurma saat berbuka puasa.

biji kurmabiji kurma Foto: istimewa

2. Jus Buah

Saat berbuka puasa sebaiknya konsumsi banyak cairan seperti air putih, jus buah segar atau susu. Ini akan mencegah dehidrasi dan menyediakan cairan esensial yang dibutuhkan tubuh. Air tetap menjadi sumber hidrasi terbaik.

Minumlah 1-2 gelas air sebelum makan dan jangan minum selama makan untuk menghindari penundaan proses pencernaan. Berhati-hatilah dengan minuman yang mengandung banyak gula dan kalori.

3. Sup

Sup adalah salah satu pilihan menu berbuka puasa yang sehat saat Puasa Arafah. Sup mengandung air yang dapat melembabkan kulit setelah berpuasa. Sup juga dibuat dengan beberapa campuran sayuran dan daging sehingga nutrisinya lengkap.

Young happiness Woman Cooking vegetables salad in the kitchen, Healthy food concept.Young happiness Woman Cooking vegetables salad in the kitchen, Healthy food concept. Foto: Pattanaphong Khuankaew

4. Salad

Sayuran mengandung vitamin, mineral dan serat yang menyediakan banyak nutrisi dan sedikit kalori. Sayuran bisa didapatkan dari salad ataupun makanan yang dibuat dengan campuran sayuran seperti gado-gado. Pastikan setelah berpuasa Anda mengonsumsi 2 porsi sayuran.

5. Pilih Karbohidrat Kompleks dan Protein Tanpa Lemak

Dikutip dalam english.alarabiya.net, makan berbuka puasa harus mengandung karbohidrat kompleks. Ini termasuk nasi merah, pasta gandum atau roti. Karbohidrat kompleks menyediakan sumber energi yang lebih stabil selain serat dan mineral.

Selain itu, menu berbuka puasa yang sehat saat puasa Arafah juga harus memilih protein berkualitas tinggi yang mudah dicerna dan mengandung semua asam amino esensial.

Daging sapi, susu, yogurt, telur, keju, ikan dan unggas semuanya merupakan protein berkualitas tinggi lengkap. Selain daging, protein terbaik juga bisa didapatkan dari kacang-kacangan.



Simak Video "Resto Ini Sajikan Makanan Sehat yang Enak Banget!"
[Gambas:Video 20detik]
(lus/erd)