Kamis, 23 Jul 2020 10:12 WIB

Sudah Tahu? Ternyata Begini Cara Serat Bantu Atasi Gangguan Pencernaan

Reyhan Diandri Ghivarianto - detikHealth
Serat Ilustrasi serat/Foto: shutterstock
Jakarta -

Serat memiliki banyak manfaat yang baik untuk sistem pencernaan tubuh manusia. Namun banyak masyarakat yang belum tahu bagaimana cara serat bekerja untuk mengatasi berbagai masalah pencernaan tersebut.

Menurut Medical Marketing Manager Kalbe Nutritionals dr Adeline Devita, gangguan pencernaan dapat terjadi akibat gaya hidup yang tidak sehat. Kurangnya konsumsi dari serat juga menjadi penyebab utama gangguan pencernaan.

"Penyebab dari gangguan pencernaan biasanya diakibatkan karena gaya hidup yang tidak sehat seperti pola makan yang tidak sehat atau tidak teratur, konsumsi terlalu banyak makanan tinggi lemak, kurang konsumsi serat, dan konsumsi makanan yang tidak dapat diterima oleh tubuh (intoleransi). Bisa juga karena konsumsi alkohol dan merokok ataupun akibat dari makanan yang kurang bersih," ujar dr Adeline kepada detikHealth baru-baru ini.

Dikutip dari laman webmd, gangguan pencernaan dapat terjadi ketika makanan yang tidak tercena bergerak terlalu cepat sebelum usus dapat menyerap air sehingga menghasilkan BAB yang tidak terkendali. Saat diare terjadi, serat dapat membantu membuat BAB menjadi lebih keras. Dengan BAB yang sudah menjadi solid, akan membuat usus besar dapat menyerap air dengan lebih baik sehingga mengatasi diare yang terjadi.

"Umumnya penderita diare menghindari makanan yang mengandung serat karena makanan berserat dianggap dapat membuat diare semakin bertambah parah. Tetapi sebenarnya, konsumsi serat khususnya jenis serat larut (soluble), dapat membantu menyerap kelebihan cairan di dalam usus yang biasanya terjadi saat diare," ujar dr Adeline.

"Dengan konsumsi serat larut, feses menjadi lebih padat dan berbentuk. Oleh karena itu, serat larut dapat membantu proses penyembuhan diare dan juga membantu menurunkan kolesterol serta membantu menjaga kadar gula darah," imbuhnya

Saat BAB sulit dilakukan pun, memakan makanan berserat tinggi akan membantu usus besar sehingga lebih mudah untuk melewatkan makanan yang telah dicerna. Dilansir dari laman healthline, sebanyak 77% orang dengan konstipasi akut terbantu kelancaran BAB-nya karena memakan lebih banyak serat.

dr Adeline mengingatkan perlunya konsumsi serat yang teratur setiap harinya agar kesehatan pencernaan dapat terjaga. Berdasarkan angka kecukupan gizi yang ditetapkan Kemenkes Ri no 75 tahun 2013, setiap usia memiliki kebutuhan seratnya masing-masing.

"Jumlah kebutuhan serat anak dimulai pada saat usia 6 bulan ke atas (1-3 tahun) 16 gr sehari, 4-6 tahun 22 gr sehari, dan 7-10 tahun 26 gr sehari dan untuk orang dewasa membutuhkan 25-30 gr serat. Angka tersebut dapat dipenuhi dari pemilihan jenis dan jumlah bahan makanan yang tepat," ungkap dr Adeline.

Nah, kamu juga bisa mendapatkan manfaat serat tinggi melalui Nutrive FiberShot yaitu minuman tinggi serat yang mengandung 16 sari buah dan sayur agar membantu memelihara saluran pencernaan sehingga tubuh lebih sehat. Mengonsumsi 2 botol per hari Nutrive FiberShot dapat membantu memenuhi nutrisi buah dan sayur sehingga dapat membantu menjaga kesehatan tubuh.



Simak Video "Mau Makan Banyak Tapi Tetap Kurus?"
[Gambas:Video 20detik]
(akn/ega)