Kamis, 23 Jul 2020 12:44 WIB

Angela Lee Sampai Tak Bisa Melek Gara-gara Kucek Mata, Apa yang Terjadi?

Elsa Himawan - detikHealth
Angela Lee saat ditemui di studio Trans TV. Angela Lee (Foto: Palevi S/detikFoto)
Jakarta -

Artis cantik Angela Lee, baru-baru ini punya pengalaman buruk dengan penglihatannya. Diunggah dari instagram miliknya, ia mengatakan bahwa kebiasaan mengucek mata dan menggunakan obat tetes pada mata bisa membahayakan bola mata.

"Kemarin ampe ga bisa melek," jawab Angela Lee dari sebuah kolom komentar di foto instagramnya.

Tak hanya itu, Angela Lee juga mengaku bahwa ketika matanya bengkak dan terasa gatal, ia segera meneteskan obat mata. Akan tetapi yang terjadi malah timbul kerusakan pada matanya.

Dihubungi detikcom, dr Zeiras Eka Djamal, SpM(K), dokter mata di JEC Eye Hospital & Clinics, menjelaskan bahwa yang dialami Angela Lee kemungkinan besar disebabkan karena kelilipan, kemudian ia mengucek matanya. Hal ini menimbulkan luka pada matanya.

"Tidak disarankan mengucek mata, apalagi saat kelilipan. Takutnya, benda asing yang ada di mata malah membuat goresan, sehingga membuat mata menjadi rusak," pesan dr Zeiras.

"Jika kelilipan, sebaiknya dikedipkan matanya dulu, supaya benda itu bisa keluar dengan sendirinya dan tersapu oleh air mata kita." tambah dr Zeiras.

[Gambas:Instagram]





Perihal obat tetes mata, dr Elvioza, SpM(K) dari Departemen Mata Kirana RS Cipto Mangunkusumo (RSCM), juga menghimbau untuk lebih berhati-hati dalam memilih obat mata. Misalnya, obat mata yang mengandung steroid dapat menyebabkan kerusakan pada mata.

"Kita lihat obat tetes matanya mengandung apa. Berbahaya jika kandungan didalamnya adalah steroid menyebabkan banyak komplikasi, seperti glaukoma, infeksi virus dan jamur," ujar dr Elvioza.



Simak Video "Mata Kering Harus Pakai Obat Tetes? Begini Penjelasan Dokter!"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)