ADVERTISEMENT

Kamis, 23 Jul 2020 13:33 WIB

Teliti Penyebaran Corona, Ilmuwan Cari 4.000 Relawan untuk Nonton Konser

Firdaus Anwar - detikHealth
Rear view of excited crowd enjoying a DJ performance at a festival. There are many raised hands, some of the holding cell phones and taping the show.
People in foreground are released. Foto ilustrasi: iStock
Jakarta -

Penyebaran virus Corona COVID-19 disebut rentan terjadi di ruangan tertutup yang padat dengan orang. Namun, bagaimana penyebaran itu terjadi belum diketahui secara pasti.

Untuk mengetahuinya para ilmuwan dari Martin Luther University of Halle-Wittenberg akan melakukan eksperimen konser musik di ruangan tertutup. Dibutukan sekitar 4.000 relawan untuk eksperimen yang rencananya dilakukan tanggal 22 Agustus 2020 di stadium Leipzig ini.

Ahli penyakit infeksi sekaligus kepala peneliti Dr Stefan Moritz mengatakan nantinya tiap relawan akan dipakaikan alat pemancar sinyal. Tujuannya untuk mengetahui di mana saja mereka berada di dalam stadium selama konser.

Selain itu relawan juga akan diberi hand sanitizer yang bisa berpendar sehingga ilmuwan bisa mengidentifikasi area mana saja yang ramai disentuh.

Tidak lupa mesin kabut disiapkan untuk melihat apakah aliran udara bisa bermain peran dalam penyebaran virus.

"Kami sedang mencari tahu apakah bisa ada jalan tengah antara kebiasaan lama dan kebiasaan baru. Sehingga pengelola bisa mendatangkan orang untuk datang ke konser tanpa ada kerugian," kata Dr Stefan pada The Guardian seperti dikutip dari Daily Mail, Kamis (23/7/2020).

Orang yang berminat menjadi relawan harus berusia 18-50 tahun dan sudah dites negatif COVID-19 dalam 48 jam terakhir sebelum berpartisipasi.



Simak Video "Studi AS Ungkap Covid-19 Memperparah Kerusakan Otak Jangka Panjang"
[Gambas:Video 20detik]
(fds/up)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT