Kamis, 23 Jul 2020 17:46 WIB

WHO Perkirakan Vaksin Corona Baru Siap Paling Cepat Awal 2021

Sarah Oktaviani Alam - detikHealth
Wabah virus corona telah ditetapkan oleh WHO sebagai darurat global. Para ilmuwan di berbagai negara di dunia berlomba-lomba mengembangkan vaksin dari virus itu Virus Corona COVID-19 (Foto: AP Photo)
Jakarta -

Pakar Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengatakan jangan berharap vaksin virus Corona COVID-19 bisa segera digunakan hingga setidaknya awal tahun 2021. Hal ini disampaikan oleh kepala program kedaruratan WHO, Mike Ryan.

Dalam sebuah acara publik yang disiarkan di media sosial, Ryan mengatakan WHO akan terus memastikan agar vaksin bisa terdistribusi dengan adil.

"Kami membuat kemajuan yang baik. Secara realistis, itu akan menjadi yang pertama sebelum kita melihat banyak orang yang divaksinasi," katanya, dikutip dari Reuters, Kamis (23/7/2020).

Ryan mengatakan, WHO akan terus bekerja untuk memperluas akses vaksin potensial ini dan membantu untuk meningkatkan kapasitas produksinya.

"Kita harus adil tentang ini (vaksin), karena ini adalah barang global. Vaksin pandemi ini bukan hanya untuk orang kaya atau miskin saja, tetapi untuk semua orang," ujar Ryan.

Selain soal vaksin, Ryan juga terus mengingatkan terkait pembukaan kembali sekolah-sekolah sampai masa transisi COVID-19 terkendali. Menurut Ryan, masyarakat harus saling bekerja sama untuk bisa mengendalikan pandemi ini agar anak-anak bisa kembali bersekolah.

"Karena jika masyarakat bisa mengendalikan penyakit ini, sekolah bisa segera dibuka kembali," jelasnya.



Simak Video "Kemenkeu Bebaskan Pajak Impor Vaksin Corona"
[Gambas:Video 20detik]
(sao/up)