Sabtu, 25 Jul 2020 05:15 WIB

Alasan Ilmiah Kenapa Pagi Hari Waktu Terbaik untuk BAB

Defara Millenia Romadhona - detikHealth
fakta seputar buang air besar Pagi hari waktu terbaik untuk BAB (Foto: thinkstock)
Jakarta -

Bagi sebagian orang keinginan untuk buang air besar (BAB) muncul setelah bangun tidur. Menurut para ahli, pagi hari memang menjadi waktu yang tepat untuk buang air besar.

Seorang ahli gastroenterologi mengatakan kepada Women's Health, pagi hari adalah waktu terbaik untuk BAB, karena saat seseorang tidur tubuh bekerja keras untuk mencerna makanan. Setelah bangun tidur disarankan mengeluarkan sisa-sisa pencernaan.

Sementara itu, Dr Kenneth Koch, kepala gastroenterologi di Wake Forest Baptist Medical Center, dikutip dari Huffpost, mengatakan hal yang sama, yaitu waktu terbaik untuk buang air besar adalah di pagi hari setelah bangun tidur. Sebab, usus kecil bekerja keras menghancurkan semua makanan yang dimakan pada malam sebelumnya, sehingga baik untuk dikeluarkan dalam waktu 30 menit setelah bangun.

Di pagi hari, usus besar akan mulai berkontraksi untuk memindahkan kotoran sehingga kotoran siap untuk keluar dari dalam tubuh. Makan juga dapat memicu usus berkontraksi. Faktor utama agar tubuh rutin buang air besar pada pagi hari adalah mengonsumsi segelas air putih, kopi, buang-buahan, sayur, dan makanan yang mengandung serat.

Sebenarnya tidak ada masalah seseorang membuang air besar kapan saja. Menurut Dr Sarina Pasricha, ahli gastroenterologi, dikutip dari Fatherly, mengatakan memang pagi hari merupakan waktu terbaik untuk buang air besar.

Namun, hal itu tidak dijadikan ukuran seseorang untuk buang air besar karena setiap orang berbeda-beda dalam masalah pencernaan. Yang terpenting, jangan pernah memaksa untuk buang air besar.

"Tidak apa-apa untuk tidak buang air besar di pagi hari selama seseorang melakukan buang air besar setiap hari." kata Dr Pasricha, dikutip dari Fatherly.



Simak Video "Virus Corona Bisa Serang Usus Meski Pernapasan Negatif Covid-19"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)