Sabtu, 25 Jul 2020 07:25 WIB

Terpopuler Sepekan: Riset Ungkap 3 Gejala COVID-19 yang Paling Banyak Dikeluhkan

Nafilah Sri Sagita K - detikHealth
Folder of Coronavirus covid19 2019 nCoV outbreak Foto: Getty Images/iStockphoto/oonal
Jakarta -

Meski semakin banyak gejala Corona yang dilaporkan, pakar menjelaskan ada tiga gejala virus Corona yang paling sering dikeluhkan pasien. Salah satu di antaranya termasuk batuk.

Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika Serikat (CDC) mensurvei 164 pasien Corona. Pasien Corona ini diteliti gejalanya sejak 14 Januari hingga 4 April 2020.

Dikutip dari laman CNN, hasil penelitian menyebut tiga gejala Corona yang paling sering dialami adalah gejala umum seperti demam, batuk, dan sesak napas.

Analisis ini diterbitkan pada Kamis lalu dalam Morbidity and Mortality Weekly Report CDC. Para peneliti saat itu meminta seluruh peserta secara rutin melaporkan gejala klinis yang dirasakan. Batuk menjadi gejala yang paling sering dialami pasien Corona yaitu sebanyak 84 persen.

Sementara, gejala Corona lainnya yaitu sesak napas ternyata lebih sedikit dialami pasien Corona. Banyak yang mengalami gejala sesak napas adalah pasien Corona yang membutuhkan perawatan rumah sakit.

Namun, gejala diare malah dirasakan 50 persen pasien Corona. Ada beberapa pasien yang juga yang dilaporkan mengalami gejala seperti sakit perut, mual, dan muntah.

CDC menegaskan hasil survei ini tidak mewakili hasil umum. Sebab, pasien virus Corona yang mengikuti survei CDC terbatas.



Simak Video "Covid-19 Bisa Sebabkan Myasthenia Gravis, Apa Itu?"
[Gambas:Video 20detik]
(naf/up)