Sabtu, 25 Jul 2020 13:09 WIB

5 Bahan Alami Ini Bisa Turunkan Kadar Kolesterol

Faidah Umu Sofuroh - detikHealth
Sayur dan buah Foto: Shutterstock
Jakarta -

Meskipun tubuh membutuhkan kolesterol untuk menunjang metabolisme, tapi memiliki kadar kolesterol tinggi patut diwaspadai sebab ada kolesterol jahat yang justru membahayakan tubuh. Efek kolesterol yang terlalu tinggi bisa menyebabkan penyakit jantung. Oleh karena itu, penting untuk mengetahui kadar kolesterol dalam tubuh. Jika kadar kolesterol tinggi, kamu pun harus segera menurunkannya.

Tak melulu harus menggunakan obat, menurunkan kadar kolesterol yang tinggi juga bisa dilakukan dengan mengkonsumsi bahan-bahan alami. Melansir Healthline dan beberapa sumber lain, berikut 5 bahan alami yang bisa membantu menurunkan kadar kolesterol.

Ikan dengan Asam Lemak Omega 3

Asam lemak omega 3 bisa kamu temukan dalam ikan dan minyak ikan. Beberapa ikan yang bisa menurunkan kadar kolesterol antara lain, salmon, tuna, trout danau, herring, dan sarden. Menurut Mayo Clinic, para ahli telah lama percaya bahwa asam lemak omega 3 dalam ikan membantu mengurangi risiko kematian akibat penyakit jantung.

Bawang Putih

Selain menjadi rempah-rempah yang bisa membuat masakan makin sedap, beberapa penelitian ternyata menemukan dengan rutin mengkonsumsi bawang putih selama satu hingga tiga bulan dapat membantu menurunkan tekanan darah serta mengurangi kadar kolesterol darah kamu.

Beras Merah Ragi

Beberapa produk beras merah ragi yang banyak terdapat di Tiongkok mengandung monacolin K. Kandungan ini secara kimiawi identik dengan bahan aktif dalam lovastatin yang ada di dalam obat penurun kolesterol.

Buah, Sayur & Kacang-kacangan

Buah-buahan, sayuran, kacang-kacangan dan biji-bijian banyak mengandung sterol dan stanol. Penelitian menunjukkan kedua zat ini dapat membantu menurunkan risiko penyakit jantung. Selain itu, kedua kandungan ini juga bisa membantu usus untuk tidak menyerap kolesterol dan menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) dalam darah.

Beta Glucan & Inulin

Kandungan Beta Glucan dan Inulin teruji klinis mampu menurunkan kadar kolesterol darah. Nestlé ACTICOR merupakan minuman mengandung susu yang mengandung serat pangan larut Beta Glucan dan Inulin.

Mengonsumsi bahan alami rendah lemak jenuh dan rendah kolesterol yang dibantu juga dengan mengonsumsi Nestlé ACTICOR merupakan cara menurunkan kadar kolesterol yang mudah dan enak.

Nestlé ACTICOR juga rendah lemak dan rasanya pun sangat enak. Ada 4 varian rasa, antara lain avocado, chocolate, green-tea latte, dan banana. Nestlé ACTICOR baik dikonsumsi oleh orang dewasa yang peduli akan kesehatan tubuh.

Bagi yang suka minuman dingin, Nestlé ACTICOR juga bisa dikonsumsi dengan dikombinasikan bersama es batu atau diminum dalam kondisi dingin. Untuk hasil yang optimal, Nestlé ACTICOR dianjurkan diminum dua kali sehari setelah makan.

Nestlé ACTICOR, Cara Alami Turunkan Kolesterol.

(prf/ega)