Sabtu, 25 Jul 2020 17:00 WIB

CDC Ungkap Pasien Corona Sembuh Lebih Lama Meski Bergejala Ringan

Sarah Oktaviani Alam - detikHealth
Ilustrasi pasien di rumah sakit CDC sebut pasien Corona bergejala ringan pun butuh waktu lama untuk sembuh. (Foto: iStock)
Jakarta -

Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika Serikat (CDC) mengungkap bahwa pasien Corona yang berusia muda maupun dewasa membutuhkan waktu hingga berminggu-minggu untuk bisa sembuh dari virus Corona COVID-19. Hal ini ditemukan berdasarkan survei wawancara melalui telepon yang dilakukan di 13 negara.

Dikutip dari Reuters, survei tersebut menunjukkan bahwa baik usia muda maupun dewasa yang tidak memiliki penyakit penyerta bisa membutuhkan waktu 2-3 minggu untuk sembuh, setelah dinyatakan positif Corona. Hal ini juga bisa terjadi meski mereka hanya mengalami gejala ringan.

CDC mengatakan, survei dilakukan pada pasien positif yang berusia di atas 18 tahun secara acak. Mereka ditanya soal gejala yang muncul dan waktu untuk pulih, 14 hingga 21 hari setelah tes COVID-19.

Dari 292 orang, 274 di antaranya mengalami satu atau lebih, gejala Corona yang dialami saat melakukan penelitian. Banyak dari mereka yang memiliki gejala COVID-19 ringan, tetapi tidak bisa sehat seperti sebelumnya.

Persentase usia pasien yang tidak bisa sembuh total, yaitu 18-34 tahun sebesar 26 persen, usia 35-49 tahun 32 persen, dan usia di atas 50 tahun mencapai 47 persen.

Untuk mencegah hal ini makin banyak terjadi, para peneliti menyarankan untuk menerapkan jaga jarak sosial, rajin cuci tangan, dan gunakan masker dengan benar terutama saat di tempat umum. Hal ini untuk memperlambat penyebaran COVID-19.



Simak Video "Ada Gejala Baru Covid-19 Bernama Parosmia, Apa Itu?"
[Gambas:Video 20detik]
(sao/naf)