Sabtu, 25 Jul 2020 21:19 WIB

3 Manfaat Tidur Tanpa Bantal, Boleh Coba Meski Bikin Leher Pegal-pegal

Elsa Himawan - detikHealth
ilustrasi tidur Sesekali coba tidur tanpa bantal (Foto: Thinkstock)
Jakarta -

Rasanya sangat nyaman ketika tidur sambil memeluk bantal atau menaruh kepala di atas bantal. Sebaliknya, tidur tanpa bantal kerap berakhir dengan leher pegal-pegal.

Akan tetapi tidur tanpa menggunakan bantal juga memiliki sejumlah manfaat. Dikutip dari Heathline, tidur tanpa bantal memang bermanfaat jika dilakukan dengan posisi tidur yang benar. Berikut manfaat tidur tanpa bantal:

1. Membentuk postur tubuh

Tidur dengan menggunakan bantal dapat memberi tekanan pada punggung bagian bawah dan mendorong kepala kamu terlalu jauh ke belakang, sehingga membuat tulang belakang menjadi melengkung.

Tidur tanpa bantal mampu meluruskan tulang belakang saat tidur dan meringankan sakit punggung, serta leher.

2. Mencegah keriput

Penelitian menunjukkan bahwa bantal dapat memberi tekanan kulit saat sedang tidur, terutama jika tidur mu tengkurap atau miring. Lama kelamaan, dapat menyebabkan kerutan dan memberi tanda-tanda penuaan pada wajah. Oleh sebab itu, tidur tanpa bantal bisa menjadi salah satu upaya mengurangi keriput. Namun ingat, harus disertai dengan posisi tidur yang benar, yaitu tidak miring ataupun tengkurap.

3. Menjaga kesehatan rambut

Sejauh ini memang belum ada penelitian mengenai tidur tanpa bantal dapat menjaga kesehatan rambut. Akan tetapi banyak yang mengatakan bahwa sarung bantal berbahan kapas dapat menyerap minyak alami rambutmu, sehingga membuatnya menjadi kusut.



Simak Video "Ramuan Alami untuk Atasi Insomnia"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)